Pengaruh Minat Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengaruh Minat Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Rini Agustini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 April s/d 11 April 2017 di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Populasi ini terdiri dari 3 kelas yang total jumlah siswanya adalah 72. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, dengan persamaan regresi Y = -0,673 + 0,560X1 + 0,181X2. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa minat belajar dan kebiasaan belajar secara simultan memberikan pengaruh sebesar 30,3% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.

Kata Kunci: Minat Belajar, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Matematika

This research aimed to find out whether there is the influence on Mathematic learning interest and habit simultaneously or not toward the seventh-grade students’ learning result at SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. It was conducted on the 5th-9th of April 2017 at SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. In this research, the researcher used qualitative research with survey method. The population was the whole seventh grade students of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. It consisted of 3 classes which were totaled seventy-two students. The sampling technique which was used was saturation sampling. The questionnaire and documentation were used as the data collection technique. The data analysis techniques used multiple regression analysis assisted by SPSS 16.0 software for windows. The research result showed that there was influence in learning interest and habit simultaneously toward the seventh-grade students’ learning result at SMP Muhammadiyah 2 Tarakan with the equation of regression Y = -0,673 + 0,560X1 + 0,181X2. According to counting result of determination coefficient, it was known that the learning interest and habit simultaneously gave 30,3% influence on Mathematic learning result of the seventh-grade students at SMP Muhammdiyah 2 Tarakan. Keywords: Learning Interest, Habit, Mathematic Learning Result

Detail Informasi