
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Ratnasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 5 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan VIII-6 sebagai kelas kontrol, Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 62,20 dan skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol adalah 34,00 Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,00 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH), Komunikasi Matematis
The objective of this research was to determine the effects of cooperative learning model Course Review Horay (CRH) Through Mathematical Communication Ability of Junior High School students grade VIII in SMP Negeri 5 Tarakan. This research was conducted on odd semester academic year 2016/2017 in SMP Negeri 5 Tarakan. The design of this research was Quasi experimental research with posttest design only control design. The subject of this research were all grade VIII students in SMP Negeri 5 Tarakan. The sample of this research was grade VIII-2 as experiment class and VIII-6 as control class. The sample was chosen with sample random sampling technique. The technique of data collection in this research used test. The data analyzed using statistic analysis with software SPSS version 16.0 for Windows. The result of descriptive analysis show that the average score of mathematical communication skill of experiment class students was 62,20 and the average score of mathematical communication skill if control class students was 34,00 and based on the analysis result of independent sample t-test with significance 5% (a = 0,05) obtained significance score (I-tailed) as big as 0,00. So, it can be seen that 0,00 < 0,05. Therefore, H0 rejected and H1 be accepted, so it can be concluded that cooperative learning model Course Review Horay (CRH) has effects on students' mathematical communication ability. Keyword: Cooperative Learning Model Course Review Horay (CRH) Type, Mathematical Communication