Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Penugasan Berbasis Gambar Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Penugasan Berbasis Gambar Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Penugasan Berbasis Gambar Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Nurliynah S. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode penugasan berbasis gambar dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, tanggal 24 Juli hingga 3 Agustus 2017 di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan yang terdiri atas 22 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah minimal 70% siswa di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan memiliki minat belajar dengan kategori minimal baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase minat belajar siswa sebesar 68,18% pada kategori minimal baik. Dan pada siklus II persentase minat belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 81,82% pada kategori minimal baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode penugasan berbasis gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.

Kata Kunci: Minat Belajar, Penugasan Berbasis Gambar

The purpose of this research is to increase students’ learning interest by using image-based assignment method in class VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The design of this research is Classroom Action Research (CAR). This research was held on the first semester of the academic year 2017/2018, at July, 24th until August 3rd 2017 in SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The subjects of the research were the students of VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan consisting of 22 male students. The technique of data collection was using by questionnaire learning interest. This Class Action Research (CAR) was conducted in two cycles and each cycles has two meetings. The technique of data analysis is descriptive analysis. The indicators of success in this research were at least 70% of students in class VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan has learning interest at least in good category. The result of this research showed that percentage of the students’ learning interest in the first cycle was 68,18% in the good minimum category. Meanwhile, in second cycle percentage of the students’ learning interest increased to 81,82% in the good minimum category. Based on the results of the research can be concluded that by using the image-based assignment method can increase the students’ learning interest in the process of learning mathematics in grade VIII-B SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Keywords: Learning Interest, Image-Based Assignment Method

Detail Informasi