
Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sebatik Tengah
Pengarang : Nurhailina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sebatik Tengah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 03 Januari 2017 – 03 Februari 2017 di SMP Negeri 2 Sebatik Tengah. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sebatik Tengah yaitu 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data observasi aktivitas guru, analisis data observasi aktivitas siswa dan analisis data angket minat belajar matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar matematika siswa pada siklus I adalah 72,73% siswa berada pada kategori minimal tinggi dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,91% siswa berada pada minimal kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model snowball throwing dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Sebatik Tengah.
Kata Kunci: Minat Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
This research is purpose to increase the interest for studying of mathematics for students through the model of Cooperatif Learning of Snowball Throwing for the students of VIII grade of SMP Negeri 2 Sebatik Tengah. This research type is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted on 3rd January 2017 until 3rd February 2017 at SMP Negeri 2 Sebatik Tengah. The subject of this research is all students of VIII grade of SMP Negeri 2 Sebatik Tengah the middle is 22 students. Data collection techniques in this research using observation sheets and questionnaires. The data analysis technique used is the analysis of the observation data teacher activity, analysis of the observation data student activity, and data analysis of the questionnaire of interest in learning mathematics. This Classroom Action Research (CAR) was conducted in two cycles and each cycle conducted two meetings. The results showed that the learning interest of mathematics students in the first cycle is the 72,73 percent of the students in category of minimal high and thr second cycles increased to 90,91 percent of students in the minimal category high. Based on the results of the research can be concluded that by using the model of Snowball Throwing type can improve the learning interest of mathematics students in the material systems of linier equations two variables in VIII grade of SMP Negeri 2 Sebatik Tengah. Keywords: Interest in Learning Mathematics, Model Cooperatif Learning type Snowball Throwing