
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII MA AL-Khairaat Tarakan
Pengarang : Nur ‘ Asia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XII MA AL-Khairaat Tarakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe index card match.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus – 07 September 2017 di MA AL-Khairaat Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MA AL-Khairaat Tarakan yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa pada siklus I adalah 68,97% siswa berada pada kategori cukup dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,76% siswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada siswa kelas XII MA AL-Khairaat Tarakan.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match
This research aims to improve the motivation of learning mathematics for students, grade XII AL-Khairaat Tarakan by applying cooperative learning model type index card match. This type of research is a classroom action research. The research was conducted on 30 August - 07 September 2017 at MA AL-Khairaat Tarakan. The subjects of this research are the students of Grade XII MA AL-Khairaat Tarakan consisting of 16 male and 13 female students. Data collection techniques in this study is to use a questionnaire. This classroom action research is conducted in 2 cycles and each cycle is held in 2 meetings. The results showed that the students' mathematics learning motivation in the first cycle was 68.97% of the students were at the minimum of the high category and the second cycle had increased to 82.76% of the students were in the high category minimum. Based on the results of research can be concluded that by applying cooperative learning model of index card match type can improve the motivation to learn mathematics of students in grade XII MA AL-Khairaat Tarakan. Keywords: Motivational Learning Mathematics, Cooperative Learning Model Index Card Match Type