
Pengaruh Kecemasan Matematika Berdasarkan Jenis Kelamin Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMPIT Ulul Albab Tarakan
Pengarang : Nina Herlina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kecemasan matematika siswa; (2) Prestasi belajar matematika siswa; (3) Perbedaan kecemasan matematika antara siswa laki-laki dan perempuan; (4) Pengaruh kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa; dan (5) Pengaruh kecemasan matematika berdasarkan jenis kelamin terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMPIT Ulul Albab Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 Agustus s/d 07 Agustus 2017 di SMPIT Ulul Albab Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPIT Ulul Albab Tarakan yang terdiri dari 2 kelas dengan total jumlah siswa sebanyak 45. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t independen sampel, analisis regresi dan analisis regresi sub-groups dengan bantuan software SPSS 21.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecemasan matematika siswa berada pada kategori sedang (80≤X≤120) dengan nilai rata-rata 100,84; (2) prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori cukup (60-69) dengan nilai rata-rata 65,9; (3) tidak terdapat perbedaan kecemasan matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,339>0,05, (4) kecemasan matematika berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan besar koefisien determinasi 0,479, sehingga dapat dikatakan kecemasan matematika berpengaruh 47,9% terhadap prestasi belajar matematika dan 52,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian; (5) kecemasan matematika berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dimana pada siswa perempuan pengaruh kecemasan matematika terhadap prestasi belajar matematika lebih kuat dibandingkan pada siswa laki-laki yang ditunjukkan dengan nilai R2 untuk perempuan lebih tinggi dari nilai R2 untuk laki-laki (0,822>0,701) dan hasil dari uji chow menunjukkan Fhitung>Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin merupakan variabel moderator dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Prestasi Belajar, Jenis Kelamin
This research aimed to know: (1) The Mathematic anxiousness level of students; (2) The Mathematic learning achievement of students; (3) The difference of Mathematic anxiousness between boy and girl students; (4) The influence of Mathematic anxiousness toward students’ Mathematic learning achievement; and (5) The influence of Mathematic anxiousness based on sex toward Mathematic learning achievement of the ninth grade students at SMPIT Ulul Albab Tarakan. It was conducted on the 5th-7th of August, 2017 at SMPIT Ulul Albab Tarakan. This research used quantitative research with survey method. The population was the entire class of the ninth grade students at SMPIT Ulul Albab Tarakan consisted of 2 classes with forty-five totaled students. The sampling technique which was used was saturation sampling. The data collection used questionnaire and documentation. The data analysis techniques used sample independent t-test, regression analysis, and sub-groups regression analysis assisted by SPSS 21.0 software for windows. The research result showed: (1) The students’ Mathematic anxiousness were on average level (80≤X≤120) with 100,84 scores; (2) The students’ Mathematic learning achievement were on fair level (60-69) with 65,9 scores; (3) There was no difference of Mathematic anxiousness between boy and girl students shown by 0,339>0,05 sig scores, (4) Mathematic anxiousness was influenced negative and significance toward learning achievement with 0,479 determination coefficient with the result that the Mathematic anxiousness was influenced 47,9% toward Mathematic learning achievement, and 52,1% was influenced by other factors which weren’t researched in this research; (5) The Mathematic anxiousness was influenced toward students’ Mathematic learning achievement in which ,on the girl students, the influence of Mathematic anxiousness toward Mathematic learning achievement was stronger than the boy students shown by R2 score for the girl students were higher than R2 score for the boy students (0,822>0,701). Then, the result of Chow test showed FCal>FTable which it was concluded that the sex was the moderator variable in this research. Keywords: Mathematic Anxiousness, Learning Achievement, Sex