Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan

Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan

Pengarang : Nelyana Saputri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Tingkat perhatian orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan, 2) Tingkat disiplin belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan, 3) Pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan disiplin belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas SMP Negeri 6 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 02 - 09 Januari 2017 di SMP Negeri 6 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan tahun ajaran 2016/2017. Populasi ini terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 246 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 152 siwa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat perhatian orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan pada kategori sangat baik sebesar 71,05%, kategori baik sebesar 27,63 %, siswa pada kategori yang tidak baik sebesar 1,9% dan sangat tidak baik, 2) Tingkat disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan pada kategori sangat baik sebesar 59,21%, kategori baik sebesar 36,84%, kategori tidak baik 3,9 % dan tidak terdapat siswa yang memiliki disiplin pada kategori sangat tidak baik. 3) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan disiplin belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tarakan.

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Matematika

This study aims to determine: 1) The level of parental eight grade students of SMP Negeri 6 Tarakan, 2) The level of discipline of mathematics learning class VIII SMP Negeri 6 Tarakan, 3) Significant influence of parental supervision and discipline of study simultaneously to achievement learn mathematics achievement grade students. This study was conducted on 02 till the 09th of January 2017 at SMP Negeri 6 Tarakan. This research is quantitative research with a casual approach (causal). The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 6 Tarakan the academic year 2016/2017. This population consists of 7 classes totaling 246 students. The sampling technique is sample random sampling with a total sample of 152 students. The data collection technique in this study is the use of questionnaires and documentation. Data were analyzed using multiple regression analysis with the of SPSS Software 16.0. The results showed that, 1) The level of attention parents VIII junior class 6 Tarakan the category 71,05%, both categories amounting to 27,63%, and there are no students in the category that is not good 1,9% and is not very good, 2) The level of discipline students of class VIII SMP Negeri 6 Tarakan the category of very good by 59,21%, good category as 36,84%, the category is not well 3,9%, and there are students who have discipline in the category is not very good, 3) Significant influence of parental supervision and discipline of learning of study simultaneously on mathematics achievement of student of class VIII SMP Negeri 6 Tarakan. Keywords: Parental Supervision, Discipline of Learning, Mathematics Learning Achievement

Detail Informasi