Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Nani Prihartini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan tingkat kecerdasan matematis-logis; mendeskripsikan kategori cara belajar; mendeskripsikan hasil belajar matematika; dan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan matematis-logis terhadap hasil belajar matematika; pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar matematika; pengaruh kecerdasan matematis-logis dan cara belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi penelitian ini adalah 10 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling dan diperoleh 162 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes, menyebarkan angket, dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistika deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan tingkat kecerdasan matematis-logis siswa pada frekuensi tertinggi berada pada kategori rendah sebesar 35,80%. Cara belajar siswa pada frekuensi tertinggi berada pada kategori kurang optimal sebesar 33,95%. Hasil belajar matematika siswa pada frekuensi tertinggi berada pada kategori kurang sebesar 46,91%. Hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan terdapat pengaruh kecerdasan matematis-logis terhadap hasil belajar matematika siswa dengan p-value 0,019. Pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan p-value 0,000. Terdapat pengaruh secara simultan antara kecerdasan matematis-logis dan cara belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan sebesar 13,4% dengan persamaan regresi Y = 8,224 + 0,086X1 + 0,072X2.

Kata Kunci: Kecerdasan Matematis-Logis, Cara Belajar, Hasil Belajar Matematika

This research aims to: describe the level of mathematical-logical intelligence; describe categories of the way of learning; describe the mathematics learning outcomes; and to investigate the effect of mathematical-logical on mathematics learning outcomes; the effect of the way of learning on mathematics learning outcomes; the effect of mathematical-logical intelligence and the way of learning on mathematics learning outcomes at the ninth grade of SMP Negeri 4 Tarakan. The research was a quantitative research with causal approach. The population of this research is 10 classes. The sampels were taken by cluster sampling technique and 162 students were choosen. Techniques of data collection in this research were done by conducting tests, distributing questionnaires, and collecting documentation. Data were analyzed by using descriptive statistical method and multiple linear regression analysis. The result showed of highest frequence that 35,80% of students were in low category of mathematical-logical intelligence. 33,95% of students were in less optimal category of way of learning. 46,91% of students were in less category of mathematics learning outcomes. The result of multiple linear regression analysis showed that there was an effect of mathematical-logical intelligence on students’ mathematics learning outcomes with p-value 0,019. The effect of the way of learning on students’ mathematics learning outcomes with p-value 0,000. There is 13,4% simultaneous effects amount mathematical-logical intelligence and the way of learning on mathematics learning outcomes at the ninth grade of SMP Negeri 4 Tarakan is with regression equation Y = 8,224 + 0,086X1 + 0,072X2. Keywords: Mathematical-Logical Intelligence, The Way of Learning, Mathematics Learning Outcomes

Detail Informasi