
Perbandingan Model Pembelajaran Pengajuan Dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika
Pengarang : Muh. Halimun Anto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Tarakan dengan menggunakan Model pembelajaran Jucama dan PBL, perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Tarakan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jucama dan PBL, dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Jucama lebih baik dari model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Muhammadiyah Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Muhammadiyah Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain posttest only multiple design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 dan kelas X-2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi analisis data tes, rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh tingkat kemampuan berpikir kritis matematika dengan menggunakan model Jucama berada pada kategori Sedang dan model PBL berada pada kategori Sedang. Terdapat perbedaan model pembelajaran Jucama dengan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan. hal ini dapat dilihat dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh 0,014 dan kurang dari 0,05 maka ditolak. Selain itu kemampuan berpikir kritis matematika siswa menggunakan model pembelajaran Jucama lebih baik dibanding model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan uji satu arah diperoleh 0,007 dan lebih kecil dari 0,050, maka ditolak.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Model Pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah (Jucama), Model Problem Based Learning (PBL)
This study aims to determine the level of critical thinking skills of SMA Muhammadiyah Tarakan students using Jucama learning model and PBL, the difference of critical thinking skills of SMA Muhammadiyah Tarakan students who are taught using Jucama and PBL learning model, and to know Jucama learning model is better than PBL model to the critical thinking skills of mathematics students of SMA Muhammadiyah Tarakan. This research is conducted on the even semester of academic year 2016/2017 in SMA Muhammadiyah Tarakan. The type of research used in this study is quasi experimental with posttest only multiple design. Population in this research is all class X SMA Muhammadiyah Tarakan. Sampling was done by simple random sampling. The sample in this research is class X-1 and class X-2. Data collection was done by using critical mathematical thinking ability test. Data analysis techniques use descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis includes analysis of test data, average and standard deviation. Inferential analysis includes assumption prerequisite test and hypothesis test. Based on the analysis result, the level of critical thinking ability of math by using Jucama model is in medium category and PBL model is in medium category. There is difference of Jucama learning model with PBL model to critical mathematics thinking skill of class X student of SMA Muhammadiyah Tarakan. This can be seen by using independent sample t test test obtained 0,014 and less than 0.05 then is rejected. Other than that mathematical thinking critical ability of students using Jucama learning model is better than the PBL model to critical mathematical thinking skill of grade X SMA Muhammadiyah Tarakan. This can be seen by using one way test obtained 0,007 and smaller than 0,050, then H0 rejected. Keywords: Ability of Critical Thinking of Mathematics, Learning Model Submission and Problem Solving (Jucama), Model Problem-Based Learning (PBL)