
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan
Pengarang : Mery - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas XI Kep-B sebagai kelas eksperimen dan XI Kep-A sebagai kelas kontrol, Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 77,17 dan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas control adalah 54,50 Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Matematika
The objective of this research was to find out the influence of Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together (NHT) Towards Students’ Mathematic Achievement of Eleventh Grade Students’ at SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. This research was carried out in second semester in academic year 2016/2017 at SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. The research design was quasi experimental research by applying posttest only control design. The population in the research was all the students in eleventh grade at SMK Kaltara Health Tarakan. The samples are class XI Kep-B as the experimental class and XI Kep-A as control class. The samples were taken by using simple random sampling. The technique of collecting data was using test. The data analysis used statistics analysis with SPSS version 16.0 for Windows. The result of descriptive analysis showed that mean score of students’achivement in exprimental class was 77,17 and mean score in control class was 54,50, meanwhile the result of independent sample t-test with 5% (a = 0.05) of level significance showed the significance of (1-tailed) was 0.000. It indicates that 0.000 < 0.05. It means that H0 is rejected and H1 accepted. Therefore, it can be concluded for this research of Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together (NHT) gave significance effect Toward Students' Mathematics Achievement of Eleventh Grade at SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. Keywords: Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together (NHT), Students' Mathematics Achievement