Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan

Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Maria Sofia Sodi Masan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket, tes dan mengumpulkan dokumentasi Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan regresi ganda dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan yang dibuktikan dengan t hitung = 4,067; (2) Terdapat pengaruh gaya belajar auditorial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan yang dibuktikan dengan t hitung = 2,538; (3) Terdapat pengaruh yang p signifikan gaya belajar kinestetik terhadap terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan yang dibuktikan dengan t hitung = 4,705 (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik secara bersama-sama terhadap terhadap terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan Fhitung = 36.037. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa gaya belajar visual auditorial dan kinestetik secara simultan memberikan pengaruh sebesar 70,2% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan.

Kata Kunci: Gaya Belajar, Visual, Auditorial Dan Kinestetik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

This research aimed to know the learning style influence of visual, auditory, and kinesthetic either individually or collectively toward ability of Mathematic problem solving at the eighth-grade students of SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan. The research subject was the entire students of the eighth grade at SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan totaled fifty students. It was ex-post facto research. Data collection technique was questionnaire, test, and documentation. Data was analyzed by using descriptive and inferential statistical analysis. Descriptive analysis covered mean and standard deviation. Inferential analysis was multiple regressions assisted by SPSS 16.0 software for windows. The research result showed that: (1) There was significant influence of visual learning style toward ability of Mathematic problem solving at the eighth grade students of SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan proven by t count = 4,067; (2) There was influence of auditory learning style toward ability of Mathematic problem solving at the eighth grade students of SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan proven by t count = 2,538; (3) There was significant influence of kinesthetic learning style ability of Mathematic problem solving at the eighth grade students of SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan proven by t count = 4,705; and (4) There was positive and significant influences of visual, auditory, and kinesthetic learning styles collectively toward ability of Mathematic problem solving at the eighth grade students of SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan proven by Fcount = 36,037. The result of determination coefficient calculation found that simultaneously auditory and kinesthetic learning styles gave 70,2% influence on ability of Mathematic problem solving at the eighth-grade students of SMP Katolik Frater Don Bosco Tarakan. Keywords: Learning Style, Visual, Auditory, Kinesthetic, Ability of Mathematic Problem Solving

Detail Informasi