Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Julia Paulus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 9 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan sebanyak 221 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 dan VII-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 23.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen adalah 56,81 dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol adalah 37,66 untuk skor maksimal 88. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) menunjukkan signifikan sebesar 0,000. Dengan demikian ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

The purpose of this research is to find out the effectiveness of Learning Cooperative Type Team Assisted Individualization (TAI) toward Student’s ability in solving Math Problem in class VII. This research carried out on second semester in academic year 2017/2018 at SMP Negeri 9 Tarakan. The research design is quasi experimental research by applying posttest only control design. The population was 221 students from class VII SMP Negeri 9 Tarakan. The samples were taken using simple random sampling technique. The samples were class VII-I and VII-2. The technique of collecting data was essay test. The data analysis were descriptive statistic and inferential. The descriptive analysis consist of mean and standard deviation. Inferential analysis was using independent sample t-test with software SPSS version 23.0 for windows. The result of descriptive analysis showed that the mean score in solving math problem in experiment class was 56,81 and mean score in solving math problem in control class was 37,66 for the maximum score was 88. In other hand, based on the result of independent sample t-test with level of significant set at 5% (a = 0,05) showed that the significant was 0,000. Therefore, it can be concluded that Ho was rejected and Ha was accepted. In addition, it can be assumed that the Learning Cooperative Type Team Assisted Individualization (TAI) was effective toward Student’s ability in solving Math Problem in class VII SMP Negeri 9 Tarakan. Keywords: Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization (TAI), Ability in Solving Math Problem

Detail Informasi