Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teammates Consult Dengan Metode Pembelajaran Motorik Terhadap Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teammates Consult Dengan Metode Pembelajaran Motorik Terhadap Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teammates Consult Dengan Metode Pembelajaran Motorik Terhadap Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Jewish Van Septriwanto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teammates consult dengan metode pembelajaran motorik terhadap keterampilan motorik halus matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 3 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan motorik halus matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen adalah 73,81 dan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 68,54. Hasil analisis uji independent sample t-test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,018. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,018 ˂ 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teammates consult dengan metode pembelajaran motorik berpengaruh terhadap keterampilan motorik halus kelas X SMA Negeri 3 Tarakan tahun Pembelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus Matematika, Kooperatif Tipe Teammates Consult, Metode Pembelajaran Motorik

The aims of this research are to find out the effect of cooperative learning model teammates consult type with motor learning method to the mathematics fine motor skill of 10th grade student of SMA Negeri 3 Tarakan. This research was held on the second semester of the academic year 2016/2017. The research design was quasi-experiment with posttest only control group design. The population of this research were all 10th grade students of SMAN 3 Tarakan. The samples were taken by simple random sampling technique. The sample of this research were the students of X IPS 1 as a control class and X IPS 2 as an experiment class. The data collection was conducted by mathematics fine motor skill test. The technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis showed the mean value posttest of the experiment class was 73,81 and the mean value of the control class was 68,54. Based on the independent sample t-test analyze result with 5% of significant level % (a = 0.05) obtained p-value 0.018 therefore it can be seen that 0,018 ˂ 0,05. It means that H0 was rejected and it can be concluded that the cooperative learning model teammates consult type with motor learning method on mathematics fine motor skill of 10th grade student of SMA Negeri 3 Tarakan in academic year of 2016/2017. Keywords: Mathematics Fine Motor Skill, Cooperative Teammates Consult Type, Motor Learning Method

Detail Informasi