
Analisis Kesalahan Siswa Dengan Metode Newman Dalam Menyelesaikan Soal UAS Matematika Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas VIII SMP Negeri 1 Sebatik Tengah
Pengarang : Irma Anrayani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sebatik Tengah dalam menyelesaikan soal UAS matematika semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 berdasarkan metode Newman, (2) mengetahui persentase kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sebatik Tengah dalam menyelesaikan soal UAS matematika semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 berdasarkan metode Newman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sebatik Tengah tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 118 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal UAS matematika tahun ajaran 2016/2017 dan wawancara tidak terstruktur.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 5,09%, berupa kesalahan menuliskan kata kunci dan tidak dapat mengilustrasikan gambar dengan tepat, (2) kesalahan memahami soal sebesar 62,60%, dengan tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan (3) kesalahan transformasi soal sebesar 20,87%, berupa kesalahan penggunaan rumus (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 8,90%, berupa kesalahan dalam perhitungan dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 2,54%, berupa kesalahan penulisan kesimpulan soal.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Metode Newman
This research aims to (1) to know what kind of mistakes done grade VIII SMP Negeri 1 Middle Sebatik in completing the final exam School Mathematics based on the Newman method, (2) to find out the error percentage grade VIII SMP Negeri 1 Middle Sebatik in completing the final exam School Mathematics based on the method of Newman. The Type of this research is quantitative descriptive research. The population in this research is grade VIII in SMP Negeri 1 Sebatik Middle school year 2016/2017 consisting of 4 classes with a number of students as much as 118 people. Sampling is done using Cluster Random Sampling techniques. The sample in this study amounted to 91 students. Data collection is done using Final Exam math School year 2016/2017 and unstructured interview. Based on the results of the data analysis we concluded that (1) by 5,09% of students make the mistake of reading matter, in the form of keywords and write errors can not illustrate the picture, (2) by 62,60% of students do understand about the error, with no write what is known and what in question (3) by 20,87% of students made a mistake about the transformation, in the form of misuse of formula (4) by 8,90% of students make the mistake of process skills, such as errors in the calculation and (5) by 2,54% of students make the mistake of writing the final answer, the form error writing about the conclusion. Keywords: Error Analysis, Methods of Newman