Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Index Card Match Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Index Card Match Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Index Card Match Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Herny Sebah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Index Card Match Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 April– 15 Mei 2017 di SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design, yaitu melibatkan 62 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji independent sample t-test dengan bantuan sofwer SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa skor rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen 1 (Make a Match) adalah 59,45 dan skor rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen 2 (Index Card Match) adalah 74,58. Sedangkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan tarif signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match, Minat Belajar Siswa

The objective of this research is to find out the difference of Cooperative Learning Model Type Make a Match and Index Card Match toward Students’ Math Interest in Class VII SMP Negeri 10 Tarakan. This research carried out on April 28th– May 15th, 2017, at SMP Negeri 10 Tarakan. The research design was using quasi-experimental by applying Posttest Only Control Design, which involved 62 students as the samples. The technique of collecting data was using questioner. The data analysis were descriptive statistic and inferential. The descriptive analysis consist of mean and standard deviation. Inferential analysis was using independent sample t-test with software SPSS version 16.0 for windows. The result of descriptive showed that the mean score students’ interest in experimental class 1 (Make a Match) was 59,45 and mean score students’ interest in class 2 (Index Card Match) was 74,58. On the other hand, the result of independent sample t-test set at 5% (α = 0,05) has gotten the level of significant 0,000 < 0,05. Therefore, Ho was rejected and Ha was accepted. It can be concluded that there is significant mean score of students’ interest who have taught by using cooperative learning model type make a match and students who has taught by using cooperative learning model type Index card match. Keywords: Cooperative Learning Model Type Make a Match. Cooperative Learning Model Type Index Card Match, Student’s Learning Interest

Detail Informasi