
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Hermin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 januari – 28 Januari 2017 di SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain posttest only control desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol, sampel penelitian diambil dengan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji independent sample t-test dengan bantuan sofwer SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa skor rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen adalah 72,56 dan skor rata-rata minat belajar siswa kelas kontrol adalah 53,58. Sedangkan hasil analisis uji independent sample-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match lebih tinggi secara signifikan dari skor rata-rata minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Index Card Match (ICM), Minat Belajar Siswa
The objective of this research was to find out the effectiveness of cooperative learning model type Index Card Match (ICM) towards students’ interest in class VIII at SMP negeri 10 Tarakan. This research was carried out on January 18 - January 28, 2017, at SMP Negeri10 Tarakan. The design of this research was used quasi experimental research by applying posttest only design control. The sample are class VIII-4 as experimental class and VIII-1 as control class, the samples were taken by using probability sampling technique. The technique of collecting data was using questionnaire and observation. The data analysis was used descriptive statistics and inferential. The descriptive analysis consists of mean score and standard deviation. Inferential analysis was using independent sample t-test with software SPSS version 16.0 for windows. The result of descriptive analysis showed the mean score of students’ interest in experimental class was 72,56 and mean score in control class was 53,58. Meanwhile, the result of independent sample t-test with level significance 5% (a = 0,05) showed the significance was 0,000 < 0,05. It means that Ho was rejected and Ha was accepted. Therefore, it can be concluded that students’ interest mean score after the students had taught by using cooperative learning model type index card match was higher than students’ interest mean score after the students had taught by using conventional way in class VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Cooperative Learning Model Type Index Card Match (ICM), Students’ Interest