
Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di SMPN 3 Tarakan
Pengarang : Riki Haryanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar merupakan sikap mengarahkan diri pada kesadaran belajar sendiri dan segala keputusan, pertimbangan yang berhubungan dengan kegiatan belajar. Adapun indikator kemandirian belajar adalah percaya diri, tanggung jawab, inisiatif, dan kontrol diri. Bimbingan kelompok merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling disekolah, Bimbingan kelompok ini berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pra-Eksperimen model one grupe pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 247 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling maka dapat dipeoleh sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Analisi data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial dengan uji paired samples test menggunakan SPSS 27. For Windows Versi 27.0. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,005) yang artinya terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 3 Tarakan.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Kemandirian Belajar
This study aims to investigate the influence of group guidance on students'learning independence. Learning independence refers to the self-directed attitude towards personal learning awareness and all decisions and considerations related to learning activities. The indicators of learning independence include self-confidence, responsibility, initiative, and self-control. Group guidance is one of the efforts that can be implemented by counseling teachers in schools, and it has an impact on students' learning independence. This research employs a pre-experimental approach using a one-group pretest-posttest design. The population of this study consists of 247 students. The sampling technique used is purposive sampling,resulting in a sample size of 20 students. The data analysis employed descriptive and inferential statistics, utilizing the paired samples test with SPSS version 27.0 for Windows. Based on the analysis, it is concluded that the significance value is (0.000 < 0.005), indicating that there is a significant influence of group guidance on students' learning independence at SMP Negeri 3Tarakan. Keywords: Group Guidance, Learning Independence