
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Fitriani YK - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal (sebab akibat). Sampel penelitian ini adalah 186 siswa yang terdiri dari 11 kelas yang diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar yang paling dominan terdapat pada kategori tinggi sebesar 60,25%. Prestasi belajar matematika siswa berada pada kriteria sangat baik sebesar 57,5%. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikan 0,009 dan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan sebesar 3,8%, dengan persamaan ̂ = 67,148 + 0,209 X.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika
The aim of this research was to know the effect of learning motivation on mathematic learning achievement of 9th grade students SMP Negeri 4 Tarakan. The type of research was quantitative research with causality approach. The sample were 186 students from 11 classes selected by proportionate stratified random sampling. The data were collected using questionnaire and documentation. The data were analyzed by descriptive and simple regression analysis. The result shows that 60.25% students have high learning motivation, and 57,5% students have very good mathematic learning achievement. There was significant effect of learning motivation on mathematic learning achievement with significance of 0.009 and there was effect of learning motivation on mathematic learning achievement at 3.8% by the equation of ̂ = 67,148 + 0,209 X. Keywords: Learning Motivation, Mathematic Learning Achievement