
Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan Pada Materi Aritmatika Sosial
Pengarang : Fhutri Anggraheni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriftif.
Hasil penelitian menunjukkan kategori kemampuan pemecahan masalah matematika siswa rendah dengan skor rata-rata 61,06.. Dengan rata-rata setiap indikator sebagai berikut: indikator menunjukkan pemahaman masalah sebesar 20,17; indikator memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah sebesar 1,14; indikator mengembangkan strategi pemecahan masalah 26,59; indikator menyelesaikan masalah tidak rutin sebesar 10,62; dan indikator membuat dan menafsirkan model matematika dari suatu masalah sebesar 2,54.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Identifikasi
The purpose of this study is to identify mathematic problem solving ability in the eighth grade student SMPN 1 Tarakan. The research was conducted in the first semester of the academic year 2016/2017. This is a descriptive quantitative research. Population in this study is all students in eighth grade SMPN 1 Tarakan. Sample is selected by Proportionate Stratified Random Sampling. The sample was 180 students. Data collection is done by using mathematic problem solving ability test. Technique of data analysis is descriptive statistics. The results showed the category of mathematic problem solving ability is low with the mean 61,06. The mean of each indicators are followed: The indicators of problem comprehension is 20,17; The indicators of approach and problem solving selection is 1,14; The indicators of problem solving strategies development is 26,59; The indicators of non-routine problem solution is 10.62, and The indicators of mathematical model building and interpretation is 2,54. Keywords: Mathematic Problem Solving Ability, Identification