
Pengembangan Aplikasi Android Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Faisal Oktapriawan Latif - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 2 Tarakan pada kelas VIII. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa aplikasi “Pythagorasku” yang berkualitas sebagai perangkat belajar tambahan untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taarakan pada materi teorema pythagoras.
Model pengembangan yang digunakan ialah model yang dikembangkan oleh Dick and Carey yaitu ADDIE. Pada model ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (desaign), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation).
Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan terhadap media pembelajaran dengan penilaian oleh ahli materi diperoleh skor 3 dengan kriteria valid dan ahli media diperoleh skor 3,31 dengan kriteria valid. Kemudian aspek kepraktisan berdasarkan hasil penilaian respon oleh guru diperoleh skor 3,30 dengan kriteria kepraktisan sangat baik. Sedangkan aspek keefektifan berdasarkan penilaian siswa diperoleh skor 3,36 dengan presentase penilaian respon siswa sebesar 84% berada pada kriteria positif.
Kata Kunci: Pengembangan, Aplikasi “Pythagorasku”, Model Pengembangan ADDIE
The research design is Research and Development which was conducted on grade VIII. The objective of the research was to deliver the learning media application “Phytagorasku” which has quality as learning model additional for grade VIII students in SMP Negeri 2 Tarakan on Phytagoras material. The development model used ADDIE model which was developed by Dick and Carey. ADDIE model consists of 5 steps which are analysis, Design, development, implementation, and evaluation. The research result showed the product quality that was produced on validity aspect of learning media with the assessment by material expert that was gain score 3 with validity criteria and media expert with 3,31 valid criteria. Practicality aspect based on teacher responds was gain 3,30 with the good criteria on practicality aspect. Then effectiveness aspect based on the students assessment was gain 3,36 with the scoring presentation 84% students that gives positive respond. Keywords: Development, “Phytagorasku” Application, ADDIE Development Model