Pengembangan Aplikasi “Math Triction” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Aplikasi “Math Triction” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan

Pengembangan Aplikasi “Math Triction” Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Erlita Septianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMK Negeri 1 Tarakan pada kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Aplikasi “Math Triction” berbasis Android yang layak sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan pada materi Matriks.
Model pengembangan yang digunakan ialah model penemuan Thiagarajan yaitu four-D. Pada model four-D terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Evaluasi produk Aplikasi “Math Triction” dilakukan sebanyak 4 tahapan yaitu (1) evaluasi oleh ahli isi atau materi, media, dan desain pembelajaran, (2) uji coba lapangan awal dengan subjek 6 orang siswa, (3) uji coba lapangan utama dengan subjek 30 orang siswa, dan (4) uji coba lapangan operasional dengan subjek 40 orang siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi “Math Triction” yang dikembangkan berdasarkan aspek kelayakan memperoleh skor sebesar 37,5 dengan kategori sangat baik, tampilan dan desain memperoleh skor sebesar 41 dengan kategori baik serta keakuratan, kemutakhiran dan kejelasan memperoleh skor sebesar 43 dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan, aplikasi “Math Triction” telah memenuhi syarat mudah untuk dioperasikan, mudah untuk dipelajari isinya dan memiliki tampilan yang menarik. Sehingga aplikasi “Math Triction” dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai perangkat belajar tambahan untuk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tarakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Aplikasi “Math Triction”, Model Pengembangan Four-D

The type of this research was research and development which conducted in SMK Negeri 1 Tarakan on the class XI. The purpose of the research was to produce apllication of “Math Triction” which is deserved quality as a mathematica learning devices student class XI of SMK Negeri 1 Tarakan on matriks materials. Development model that used is four-D model which discovered by Thiagarajan. In the four-D models consist of 4 stage is define, design, development and disseminate. The evaluation of “Math Triction” apllication was conducted in 4 stages is (1) evaluation by the material, media, and learning design expert, (2) preliminari field test with the subject is 6 students, (3) main field test with the subject is 30 students, (4) operational field test with the subject is 40 students. The analysis showed that the application of “Math Triction” developed by appropriateness aspect get score 37,5 with category very good, scene presentation and design get score 41 with category good, then accuracy, currency and clarity get score 43 with category very good. Mean while the result of the field research apllication of “Math Triction” have been fulfill easy to operation, easy to learned, and have appereance attraction. So that apllication of “Math Triction” was have a deserved quality to be used as additional of learning device by student on the class XI of SMK Negeri 1 Tarakan. Keywords: Development, Apllication of “Math Triction”, Four-D Development Model

Detail Informasi