
Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Dwi Prawita Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada setiap indikator dalam materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 4 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas VII-9. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik miskonsepsi siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi terjadi pada siswa pada konsep bilangan bulat meliputi: menentukan letak suatu bilangan pada garis bilangan sebesar 26,7% siswa, mengurutkan data dari bilangan bulat sebesar 63,3% siswa, menentukan ketidaksamaan suatu bilangan bulat sebesar 20% siswa, operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sebesar 93,3% siswa, operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat sebesar 86,7% siswa, serta operasi hitung campuran bilangan bulat sebesar 76,7% siswa. Miskonsepsi siswa diantaranya adalah : (1) menentukan letak bilangan pada garis bilangan, (2) mengurutkan data pada bilangan bulat negatif, (3) misinterpretasi simbol-simbol dalam bilangan bulat, (4) operasi hitung antara bilangan positif dengan bilangan negatif, bilangan negatif dengan bilangan positif, dan bilangan negatif dengan bilangan negatif, (5) aturan pada operasi hitung campuran bilangan bulat.
Kata Kunci: Identifikasi, Miskonsepsi
This research aims to describe the students misconception in integers material at the seven grade students of SMPN 4 Tarakan. This research was held on the first semester of the academic year 2017/2018 at SMPN 4 Tarakan. This research used descriptive quantitative research. The population of this research is all of the seven grade classes of SMPN 4 Tarakan. The sampling technique was simple random sampling. The sample in this research is 30 students from class VII-9. The data collection was conducted by using diagnostic test of student misconception. The technique of data analysis are qualitative and quantitative analysis. The result showed the students misconception on the concept of integers include: locate integers on a number line is 26,7% student, sorting data from integers is 63,3% student, determine the inequality of an integers is 20% student, addition and subtraction of integers is 93,3% student, multiplication and division of integers is 86,7% student, and also mixed operation of integers is 76,7% student. The students misconception include: (1) determine the location of integers on a number line, (2) sorting data in negative integers, (3) misinterpretation of symbols in integers, (4) counting operations between positive numbers with negative numbers, negative numbers with positive numbers, and negative numbers with negative numbers, and also (5) mixed operation of integers. Keywords: Identification, Misconception