Hubungan Lingkungan Keluarga Dengan Minat Belajar Matematika Siswa SMPIT Ulul Albab Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Lingkungan Keluarga Dengan Minat Belajar Matematika Siswa SMPIT Ulul Albab Tarakan

Hubungan Lingkungan Keluarga Dengan Minat Belajar Matematika Siswa SMPIT Ulul Albab Tarakan

Pengarang : Dullah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMPIT Ulul Albab Tarakan pada tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dengan minat Belajar Matematika Siswa SMPIT Ulul Albab Tarakan.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII, VIII, dan IX SMPIT Ulul Albab Tarakan. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Dengan sampel sebanyak 91 siswa dari 116 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil analisis didapat nilai korelasi sebesar 0,458 artinya semakin besar nilai variable x, maka semakin besar pula nilai variabel y. Hubungan antara lingkungan keluarga dengan minat belajar matematika siswa berada pada interval koefisien 0,40 < r < 0,70 dengan tingkat hubungan sedang.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, dan Minat Belajar Matematika

This research was conducted in SMPIT Ulul Albab Tarakan on academic year 2015/2016. This study aims to determine the relationship between Family Environment and Mathematics Learning Interest SMPIT Ulul Albab Tarakan. This research is quantitative research with associative approach. The study population was the whole class of grade VII, VIII, and IX SMPIT Ulul Albab Tarakan. The sample was taken by using simple random sampling technique. Data collection techniques in this study are questionnaires and documentation. With a sample of 91 students out of 116 students. Data analysis techniques used were correlation with SPSS 16.0 for Windows. Based on the analysis result, it was obtained that the value of correlation was 0,458 which means the bigger the value of the variable Family Environment, the bigger the value of variable Mathematics Learning Interest. The correlation between the family environment with the students’ interest in learning Mathematics was at coefficient interval 0,40 < r < 0,70 with moderate level correlation. Keywords: Family Environment and Interest in Learning Mathematics

Detail Informasi