
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Dewi Oktavia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier dua variabel ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan sampel bertujuan (purposive sampling), dipilih 5 subjek penelitian, 2 subjek memiliki gaya kognitif Field Independent dan 3 subjek memiliki gaya kognitif Field Dependent. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 1) Tes tertulis dan GEFT yang dilakukan kepada siswa kelas VIII-J SMP Negeri 2 Tarakan, 2) metode wawancara yang dilakukan kepada siswa yang mengalami kesalahan disesuaikan dengan gaya kognitif siswa tersebut. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent melakukan kesalahan (a) konsep yaitu tidak memahami maksud soal, (b) prinsip yaitu siswa tidak menggunakan metode yang tepat, (c) Kesalahan prosedural yaitu siswa mengerjakan soal dengan tidak sistematis. 2) gaya kognitif Field Dependent melakukan kesalahan (a) konsep yaitu salah dalam memahami soal antara lain tidak mengerti konsep bilangan asli dan salah memanfaatkan tabel, (b) prinsip yaitu siswa tidak membuat model matematika dan tidak menuliskan cara dalam menjawab soal, (c) prosedural yaitu siswa tidak sistematis dalam menjawab, dan salah dalam melakukan perhitungan pengurangan, perkalian, dan pembagian. 3) penyebab kesalahan siswa yang memiliki gaya Field Independent (a) tipe kesalahan konsep yaitu karena siswa tidak teliti dalam membaca soal, (b) tipe kesalahan prinsip yaitu karena siswa menjawab dengan menggunakan cara yang ditentukan sendiri (c) tipe kesalahan prosedural yaitu karena siswa menjawab tanpa menggunakan metode 4) penyebab kesalahan siswa yang memiliki gaya Field Dependent (a) tipe kesalahan konsep yaitu karena siswa tidak paham konsep bilangan asli, dan kurang teliti dalam membaca keterangan tabel dan soal (b) tipe kesalahan prinsip karena siswa menggunakan caranya sendiri dalam menjawab soal, siswa tidak memahami maksud soal, dan karena siswa tidak membaca soal dengan teliti (c)tipe kesalahan prosedural karena metode yang digunakan kurang tepat, siswa menganggap jawabannya telah selesai, tidak dapat mengefisienkan waktu dan karena siswa kurang teliti dalam menjawab.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Persamaan Linier Dua Variabel, Gaya Kognitif
This research was purposed to describing of errors and causes errors of students to solve the equations linier two variable problems based on student’s cognitive style at eighth grade SMP Negeri 2 Tarakan in academic year 2016/2017. This research used descriptive research with qualitative approach. The subject of research was taken by using purposive sample technique selection, five research subject was selected, two subject have Field Independent cognitive style and three subject have Field Dependent cognitive style. The data collection was conducted by using 1) student’s performance test and GEFT in class of VIII-J SMP Negeri 2 Tarakan, 2) interview method which is done to students work out errors adapted based on their cognitive style. Analysis of data is done by reduction, presentation, and conclusion. The results showed that 1) students who have Field Independent cognitive style do (a) misconception, students do not understand the meaning of problems, (b) principle error, students wrong in determining the method, (c) operations error, students not answer systematically 2) students who have Field Dependent cognitive style do (a) misconception, students do not understand the meaning of problems, do not understand the concept of natural numbers, and less conscientious in reading descriptions of table, (b) principle error, students not transforming problems and not write down the way, (c) operations error, students not answer systematically and wrong in determined 3) causes factors of students errors who have Field Independent style is (a) types of misconception, students summarizing the answers to make it more practical and less conscientious in reading problem (b) types of principles error, students guessing way of working on it (c) types of procedural error, not answer systematically cause want more concise steps, 4) causes factors of students errors who have Field Dependent style is (a) types of misconception, students forget and do not understand the concept of natural numbers, the concept of variable, and less conscientious in reading descriptions of table (b) types of principles error, students not write down the way and not transforming problems because students do not understand the meaning of problems (c) types of procedural error, students cannot efficiency the time and wrong in determining the method. Keywords: Analysis of Error, Linear Equation Two Variable, Cognitive Style