Pengaruh Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara

Pengaruh Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Desi Damayanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober sampai dengan 07 November 2016 di SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara.
Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimental (ekperimen semu) dengan desain True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol, Sampel penelitian diambil dengan teknik Probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen adalah 71,62 dan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa kelas kontrol adalah 60,15. Hasil analisis uji independent sample t-test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) lebih tinggi secara signifikan dari rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional pada kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara (Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara).

Kata Kunci: Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Representasi Matematis

The Objective of this research was to know the influence of the approach of Model Eliciting Activities (MEAs) on representation capability at Eighth Grade Students of SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. This research was conducted on 24 of October until 07 of November 2016 in SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. This research design was quasi experiment with True Experiment Design. The population of this reseach was the overall of Eighth Grade students of SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. The sample of this research was grade VII-A as experiment class and VII-B as control class, the research sample was taken by using probability sampling. Technique of data collection in this research used test. The data was analyzed by using Descriptive and inferential statistic analysis. Descriptive analysis covered the average and standard deviation. Inferential analysis covered independent sample t-test by using SPSS 16.00 version for windows software. The descriptive analysis result showed that the average of the experiment class of students’ representation mathematics capability was 71,62 and the control class of students’ representation mathematics capability was 60,15. The analysis of independent sample t-test result on the right side with significant level 5% (a = 0,05) was gained 0,000 p-value. So the result can be seen that 0,000 < 0,05. Thereby Ho was rejected and Ha was accepted, so it can be concluded that the average of the students’ representation capability of mathematics by using the approach of Model Eliciting Activities (MEAs) was higher significantly than the average of the students’ representation capability of mathematics by using conventional approach at Eighth grade students of SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. Keywords: The Approach of Model Eliciting Activities (MEAs), The Representation Capability of Mathematics

Detail Informasi