Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Pengaruh Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan

Pengarang : Darma - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Inquiry Learning dan Konvensional terhadap hasil belajar matematika, pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika dan pengaruh interaksi antara model Inquiry Learning dan Konvensional dengan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di SMK Kesehatan Kaltara Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Keperawatan-A dan XI Keperawatan-B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan angket gaya belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa model Inquiry Learning dan Konvensional) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai p-value 0,000, gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai p-value 0,461 dan interaksi antara model inquiry learning dan model pembelajaran konvensional dengan gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMK Kesehatan Kaltara Tarakan dengan nilai p-value 0,170.

Kata Kunci: Inquiry Learning, Hasil Belajar Matematika, Gaya Belajar

The aims of this research are to find out the effects of Inquiry learning model and a Convensional type) toward mathematiclearning achievement, the effects of learning styles toward mathematic learning achievement and the interaction of learning model (The effect of inquiry learning type and Conventional type) and the learning styles toward mathematic Learning Achievement in XI grade students of SMK Kesehatan kaltara Tarakan. This research was held in the even semester in academic year of 2016/2017 in SMK Kesehatan kaltara Tarakan. The research design used in this research was a quasi-experiment with faktoral design of 2x3. The population of this research was the whole XI grader of tourism class in SMK Kesehatan Kaltara Tarakan. Sampling was done by a simple random sampling technique. The sample of this research was class XI Nursing-A and XI Nursing-B. The data collection was done by using a mathematic learning achievement test and a learning styles questionnaire. The data were analyze descriptive and inferential analysis. A descriptive analysis covered an average count and a standard deviation. An inferential analysis used an two ways analysis of variance. Based on the result of the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that learning models Inquiry type and Conventional type is effects the mathematic learning achievement with the p-value of 0.000, the learning style did not effect the mathematic learning achievement with p-value of 0.461 and the interaction between two learning models and learning styles did not effect the mathematic learning achievement of students in class XI of SMK Kesehatan Kaltara Tarakan with a p-value of 0.170. Keywords: Inquiry Learning, Mathematic Learning Achievement, Learning Style

Detail Informasi