Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Ceri Pitri Banjarnahor - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap sikap siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 November - 03 Desember 2016 di SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain posttest only control desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol, sampel penelitian diambil dengan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan analisis satistika deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji independent sample t-test dengan bantuan softwer SPSS versi 16,0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata sikap siswa dalam pembelajaran matematika kelas eksperimen adalah 82,74 dan skor rata-rata sikap siswa dalam pembelajaran matematika kelas kontrol adalah 72,13. Sedangkan hasil analisis uji independent sample-test dengan taraf signifikan 5% (α = 0,005) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata sikap siswa dalam pembelajaran matematika yang diajarkan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih tinggi secara signifikan dari skor rata-rata sikap siswa dalam pembelajaran matematika yang diajarkan menggunkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap sikap siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan

Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

The objective of this research was to find and describe The Influence of Realistic Math Approach towards students attitude in Learning Math of VIII Grade At SMP Negeri 10 Tarakan. This research implemented on 25 November03 December 2016 in SMP Negeri 10 Tarakan. The research design in this research was quasi experimental research with posttest only control desain. Population in this research was all of classes VIII in SMP Negeri 10 Tarakan. Sample in this research was VIII-2 class as a experiment class and VIII-4 clas as a control class, research sample taken with 186 students consist 11 classes taken with probability sampling technique. Data were analysis of statistical descriptive and inferential. Analysis deskriptive include average and a deviation. Analysis inferential using analysis of the independent sample t-test with the help of sofware SPSS of 16,0 for windows. The result of this descriptive research was showed attitude students average scores math of learning in experiment class was 82,74% and attitude students average scores math of learning in control class was 72,13%. Meanwhile, the result of the sample-test independent data with significance level 5(α = 0,005) obtained significance score sebesar 0,000 < 0,005. Thus, H0 rejected and Ha accepted with the result can get conclution that students attitude average in math of learning in teaching used realistic math approach(PMR) significance higher from students attitude average in math of learning that teaching used convensional learning model to students VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Then it can be concluded that there are the influence of Realistic Math Approch towards student attitude in learning math of VIII grade At SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Realistic Math Approach, Students Attitude In Math Of Learning

Detail Informasi