Pengaruh Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP KUMI Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP KUMI Tarakan

Pengaruh Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP KUMI Tarakan

Pengarang : Astri Utami - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemandirian belajar, mendeskripsikan tingkat kreativitas belajar, mendeskripsikan hasil belajar, dan untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP KUMI Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 07 Februari sampai dengan 10 Februari 2017 di SMP KUMI Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP KUMI Tarakan. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 siswa yang terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan regresi ganda dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar siswa kelas IX SMP KUMI Tarakan berada pada kategori rendah sebesar 42,31%, rata-rata kreativitas belajar siswa berada pada kategori rendah sebesar 38,46%, dan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori kurang sebesar 69,23%. Hasil analisis inferensial secara simultan menunjukkan terdapat pengaruh kemandirian dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP KUMI Tarakan sebesar 34,3%, dengan persamaan regresi Ŷ = -16,811 + 0,305X1 + 0,701X2.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Matematika

The aims of this research to describe the level of independence learning, to describe the level of creativity learning, to describe the mathematic learning achievement, and to determine the influence of independence and learning creativity towards students mathematics learning achievement of class IX SMP KUMI Tarakan. This research was conducted on February 07th 2017 to February 10th 2017 in SMP KUMI Tarakan. The type of this research is a quantitative research with survey method. The population of this research is all of students class IX SMP KUMI Tarakan. Samples of this research were 26 students from 2 classes taken using saturation sampling technique. Data collection technique in this research is by spreading the questionnaire and collect documentation. Data were analyzed using descriptive and inferential statistic analysis. Descriptive analysis includes the average and standard deviation. Inferential analysis using multiple linear regression with the help of software SPSS 16.0 for windows. The result of descriptive analysis show that the average of students learning independence class IX SMP KUMI Tarakan was in low category amounted to 42,31%, the average of students learning creativity was in low category amounted to 38,46%, and the result of students’ mathematics learning achievement was in low category amounted 69,23%. Inferential analysis result showed that there is influence of independence and learning creativity toward students mathematics learning achievement of class IX SMP KUMI Tarakan amounted to 34,3%, with the equation of regression Ŷ = -16,811 + 0,305X1 + 0,701X2. Keywords: Independence Learning, Creativity Learning, Mathematic Learning Achievement

Detail Informasi