Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara

Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Astri Untari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 3 November sampai dengan 5 November 2016 di SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangaan baku. Analisis inferensial menggunakan regresi ganda dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara pada umumnya berada pada kategori sangat baik sebesar 66,67%. Adapun rata-rata kemandirian belajar siswa berada pada kategori sangat baik 43,75%. Hasil analisis inferensial menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan uji F dengan bantuan SPSS versi 16.0, maka diperoleh persamaan regresi Ŷ = 5,642+ 0,483X1 + 0,464X2 dengan nilai Fhitung sebesar 6,992 dan nilai sig 0,002. Karena nilai sig ≤ α = 5% atau 0,002 ≤ 0,05, maka penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika

The study aimed to determine the effect of learning motivation and learning independence on mathematics achievement of math on seventh grade students of SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. This research was conducted on November 3 th 2016 to November 5th 2016 in SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. The type of this research was quantitatif research with survey methode. Population in this research of math on seventh grade students of SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. Sampel in this research was 48 students were taken using sampling jenuh technique. Technique of data collection in this research using questionnares and documentation. Data were analyzed using statistical analysis descriptif and inferantial. Descriptif analysis include average and standard deviation. Inferantial analysis using double regretion with software spss 16.0 for windows. The results of descriptif analysis shows that the learning motivation at math on seventh grade students of SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara in general are in very good category by 66,67 %. As for the average students learning independence are in the very good category by 43,75 %. The results of inferential analysis using Ŷ = 5,642+ 0,483X1 + 0,464X2 double regretion with using F test with help spss versi 16,0, than the equation regretion with value F hitung for 6,992 and value sig 0,002 < 0,05. Than this research shows that there are significant learning motivation and learning independence on learning outcomes mathematics of math on seventh grade students of SMP Negeri 1 Tanjung Palas Utara. Keywords: Learning Motivation, Learning Independence and Achievement of Math

Detail Informasi