
Analisis Kesalahan Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Nuraini Khoirunnisa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dan penyebab siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang siswa yang memiliki nilai tinggi ulangan harian dan 2 orang siswa yang memiliki nilai rendah ulangan harian materi bilangan bulat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri, adapun instrumen pembantu yaitu pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa mengalami 5 kesalahan bedasarkan analisis Newman yaitu 1) Kesalahan membaca, siswa dengan nilai rendah melakukan kesalahan membaca. Penyebab nya siswa tidak dapat memaknai soal dengan benar dan tidak dapat menentukan kata-kata dalam soal ke bentuk simbol matematika. 2) Kesalahan memahami, siswa dengan nilai rendah melakukan kesalahan memahami. Penyebabnya siswa tidak memahami konteks masalah dalam soal, siswa kurang teliti menentukan yang diketahui dan yang ditanyakan. 3) Kesalahan transformasi, siswa dengan nilai rendah tidak dapat menentukan operasi hitung yang akan digunakan. Penyebab siswa siswa salah dalam penulisan operasi hitung yang akan digunakan. 4) Keterampilan proses, siswa dengan nilai tinggi melakukan kesalahan keterampilan proses, penyebab siswa dengan nilai tinggi melakukan kesalahan keterampilan proses siswa kurang teliti menentukan tanda operasi bilangan bulat positif dengan bilang bulat negatif. Sedangkan siswa dengan nilai ulangan rendah tidak menggunkan proses penyelesaian dengan benar dan tepat. Penyebab siswa dengan nilai rendah yaitu mengalami kesalahan keterampilan proses yaitu siswa tidak menyelesaikan langkah-langkah proses penyelesaian dengan benar, siswa kurang kemampuan dasar matematika, 5) Kesalahan penulisan jawaban akhir, siswa dengan nilai tinggi dan rendah tidak mendapatkan hasil akhir, penyebabnya siswa tidak terbiasa untuk menuliskan jawaban akhir atau kesimpulan.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Faktor Penyebab
This study aimed to analyze students' errors and causes in solving mathematics story problems in class VII SMP Negeri 1 Tarakan. The type of research used was qualitative research. The research subjects consisted of 2 students with high scores on daily tests and 2 with low scores on daily tests on whole number material. The researcher himself utilized the instrument in this research, while the supplementary instrument was the interview guideline. Data collection techniques were interviews and documentation. Data analysis techniques applied were data collection, reduction, data presentation, and conclusion drawing. The validity of the research data applied triangulation techniques. The results of this study showed that students experience 5 errors based on Newman's analysis, namely 1) reading errors, the cause of students experiencing reading errors for the low student assessment category was the students could not read the problem correctly, could not interpret the symbols, and could not determine which ones were in the problem, 2) understanding errors, the cause of errors in understanding the problem for the low student assessment category was the students were not careful in determining what was known, did not understand the problem given, students were not accustomed to writing what was known and asked, 3) transformation errors, the cause for the low student assessment category was that students experienced transformation errors, namely students were wrong in writing the calculation operations to be used, students were unable to create or compile the mathematical model to be used, and students were less careful, 4) Process skills, the cause of students making mistakes for the low student assessment category was process skills, namely students did not understand the problem, students lacked basic mathematics skills, while for the high student assessment category the cause was that students were less careful in calculating the results, 5) Error writing the final answer, the cause of making mistakes for high and low student categories was that students were not used to writing the final answer or conclusion. Keywords: Error Analysis, Story Problem, Causal Factors