Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Dengan Budaya Khas Dayak Kalimantan SMPN 7 Tarakan Kelas VIII | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Dengan Budaya Khas Dayak Kalimantan SMPN 7 Tarakan Kelas VIII

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Dengan Budaya Khas Dayak Kalimantan SMPN 7 Tarakan Kelas VIII

Pengarang : Gervennia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis etnomatematika dengan Budaya Khas Dayak Kalimantan yang layak sebagai media pembelajaran matematika untuk kelas VIII SMPN 7 Tarakan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun penelitian ini hanya mencapai tahap pengembangan (development). Hasil menunjukkan bahwa LKPD memenuhi kriteria kelayakan untuk materi relasi dan fungsi dan sistem persamaan linear dua variabel. Penilaian validator menunjukkan bahwa ahli materi memberikan persentase kelayakan 71,40%, ahli media 80% dalam kategori layak, dan praktisi 97% dalam kategori sangat layak. Respon peserta didik di lapangan juga menunjukkan persentase 84% dalam kategori sangat layak. Dengan demikian, LKPD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Budaya Khas Dayak, Etnomatematika, Lembar Kerja Peserta Didik

This study aims to develop Ethnomathematics-based Student Worksheets (LKPD) with Kalimantan Dayak Typical Culture, which is feasible as a mathematics learning media for grade VIII SMP Negeri 7 Tarakan. The research method was Research and Development (R&D) with the ADDIE model, which consists of five main stages : Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Howeve, this research only reached the development stage. The results showed that the LKPD meets the eligibility criteria for the material of relations and functions and the sytem of linear equation of two variables. The validator’s assessment shows that material experts provide a percentage of the feasibility of 71.40%, media experts 80% in the feasible category, and practitioners 97% in the feasible category. The students’ responses also showed a percentage of 84% in the feasible category. Thus, this LKPD is suitable for use as learning media. Keywords: Dayak Typical Culture, Ethnomathematics, Student Worksheet

Detail Informasi