Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Jurusan Bimbingan Dan Konseling | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Jurusan Bimbingan Dan Konseling

Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Jurusan Bimbingan Dan Konseling

Pengarang : Sulpiana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Ditemukan bahwa terdapat kecenderungan perilaku prokrastinasi yang sedang terjadi pada mahasiswa yang sedang menyusun dan proses pembimbingan skripsi umumnya perilaku yang muncul dikarenakan takut untuk bertemu dosen pembimbing, kuliah sambil bekerja, kurangnya motivasi untuk mengerjakan skripsi, merasa takut salah. Prokrastinasi sendiri merupakan kecenderungan untuk menyerah, menunda, atau menghindari menyelesaikan kegiatan yang seharusnya dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir di Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan informan penelitian ini terdiri dari 4 orang mahasiswa yang terbagi menjadi 2 orang mahasiswa angkatan 2018 dan 2 orang mahasiswa angkatan 2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan metode Miles and Huberman: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian dengan demikian dapat dikatakan bahwa mahasiswa tingkat akhir angkatan 2018-2019 mengalami perilaku prokrastinasi diketahui dengan beberapa ciri-ciri perilaku prokrastinasi yang ada pada diri mereka, namun dari keempat subjek memiliki beberapa perbedaan masing-masing gambaran perilaku prokrastinasi.

Kata Kunci: Perilaku Prokrastinasi, Mahasiswa

It was found that there is a tendency of procrastination behavior that happens in students who are compiling and guiding the thesis process, generally the behavior that arises is due to fear of meeting the supervisor, studying while working, lack of motivation to work on the thesis, feeling afraid of being wrong.Procrastination itself is a tendency to give up, delay, or avoid completing activities that should be done. The purpose of the research was to describe academic procrastination behavior in final year students at the Department of Guidance and Counseling,Faculty of Teacher Training and Education. The type of research used was a descriptive qualitative method. The subjects of the research consisted of 4 students who were divided into 2 students of class 2018 and 2 students of class 2019. The data collection technique used was an interview. The data analysis technique used the Miles and Huberman method: Data reduction, data presentation, and taking conclusion. The results of the research showed that the final year students of the 2018-2019 batch met procrastination behavior known by several characteristics of procrastination behavior that existed, but the four subjects had several differences in each description of procrastination behavior. Keywords: Procrastination Behavior, Student

Detail Informasi