PENGEMBANGAN KOMIK UNTUK MEMBACA SISWA KELAS V DI SDN 013 TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of PENGEMBANGAN KOMIK UNTUK MEMBACA SISWA KELAS V DI SDN 013 TARAKAN

PENGEMBANGAN KOMIK UNTUK MEMBACA SISWA KELAS V DI SDN 013 TARAKAN

Pengarang : Ratna Mila Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Komik mempunyai peran yang positif untuk mengembangkan kebiasaan membaca siswa. Temuan di SDN 013 Tarakan mengungkapkan guru hanya menggunakan lembar kerja siswa (LKS) atau buku paket untuk membaca. Kurangnya media membaca di sekolah membuat siswa kurang tertarik dalam kegiatan membaca khususnya pada materi fotosintesis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media komik yang layak untuk membaca dan melihat respon siswa terhadap komik yang dikembangkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi yang dilakukan kepada ahli desain dan ahli bahasa diperoleh nilai presentase sebesar 80% dengan kategori layak. Sedangkan hasil validasi ahli materi dan ahli praktisi diperoleh nilai presentase sebesar 91,4 %, 96 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi tersebut media komik yang dikembangkan layak digunakan untuk membaca siswa. Adapun hasil angket respon siswa terhadap media komik yang dikembangkan menunjukan kategori menarik dengan nilai presentase pada uji coba terbatas sebesar 80,5 % sedangkan untuk uji coba penuh didapatkan nilai presentase sebesar 83,6 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, media komik yang dikembangkan menarik dan membuat kegiatan membaca siswa menjadi seru dan menyenangkan.

Kata Kunci; Pengembangan, komik, membaca

Designing Reading Comic Books FOr Students Of Grade V At SDN 013 Tarakan Abstract: Comics have a positive role in developing students’ reading habits. Based on the results of preliminary research found at SDN 013 Tarakan. It was revealed that teachers only use students worksheets (LKS) or package books for reading. The lack of reading media at school makes students less interested in reading activities, especially in photosynthesis material. The research aims n to produce comic media products that are suitable for reading and see students’ responses to the comics developed. The type of research was Research an Development (R&D), wich consist of 5 stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluationm. The validation results were conducted by design experts and linguists, who obtained a percentage value of 80% in a feasible category. At the same time, the results of the validation of material experts and practitioners obtained a percentage value of 91,4%, 96% with a very feasible category. Based on the validation results, the comick media developed is suitable for student reading. Students response showed and interesting category with a percentage value in the limited trial of 80,5%, while a percentage value of 83,6^% was obtained for the full trial. Based on the results of this study, the comic media developed is interesting and makes reading activities more fun. Keywords : Development, Comics, Reading, ADDIE

Detail Informasi