Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Sekolah Di Wilayah Perbatasan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Sekolah Di Wilayah Perbatasan

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Sekolah Di Wilayah Perbatasan

Pengarang : Nur Aisyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Bullying merupakan perilaku negatif dalam bentuk penekanan secara fisik maupun mental dari individu yang lebih kuat pada pihak individu yang lemah dan perilaku ini dilakukan secara berulang. Penerapan pola asuh yang tepat oleh orang tua dengan pemahaman akan konsep dari jenis pola asuh yang ada seperti, demokratis, otoriter, permitif sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak. Beberapa penelitian konsisten mendukung temuan bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku bullying anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying anak usia sekolah di wilayah perbatasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 113 siswa kelas 4,5, dan 6 SDN 001 Sebatik Tengah yang di tentukan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Parental Authority Questionnaire Revised (PAQ-R) dan Olwes Bullying/Victim Questionnaire Revised (OBVQ-R). Analisis data menggunakan uji spearman rank. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying anak usia sekolah di wilayah perbatasan dengan tingkat keeratan yang kuat sebanyak – 0.633 dan p-value < 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa pola asuh orang tua memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku bullying pada anak usia sekolah di wilayah perbatasan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah dilakukan penelitian lebih lanjut terkait faktor-faktor yang lain dalam perilaku bullying.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perilaku Bullying, Anak Usia Sekolah

Bullying is a negative behavior in the form of physical or mental suppression from stronger individuals on the part of weaker individuals. This behavior is carried out repeatedly. The implementation of proper parenting by parents with an understanding of the concepts of existing types of parenting such as, democratic, authoritarian, and permissive is very influential on the development of children's character. Several studies consistently support the finding that parenting patterns have a significant influence on bullying behavior of school-age children. The purpose of the research was to determine the correlation between parenting patterns and bullying behavior exhibited by school-age children residing in border areas. The research was a quantitative research design, utilizing a cross-sectional approach. The sample for this research was determined using the total sampling technique, and consisted of 113 students in grades 4, 5, and 6 of SDN 001 Sebatik Tengah. Data were collected by using the parental authority questionnaire revised (PAQ-R) and the olwes bullying/victim questionnaire revised (OBVQ-R). Data were analyzed by using the spearman rank test. The results of the research showed that there is a correlation between parenting patterns and bullying behavior exhibited by school-age children residing in border areas, with a robust coefficient of - 0.633 and p-value < 0.05. It concluded that the parenting practices have a significant role with bullying behavior among school-age children in border areas. Future research directions included the exploration of additional factors that contribute to bullying behavior in these contexts. Keywords: Parenting Patterns, Bullying Behavior, School-Age Children

Detail Informasi