Pengaruh Model Pembelajaran RODE (Read, Outline, Discussion, Evaluation) Terhadap Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Penyajian Data | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran RODE (Read, Outline, Discussion, Evaluation) Terhadap Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Penyajian Data

Pengaruh Model Pembelajaran RODE (Read, Outline, Discussion, Evaluation) Terhadap Keterampilan Komunikasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Penyajian Data

Pengarang : Devi Suri Rahayu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran RODE (Read, Outline, Discussion, Evaluation) terhadap keterampilan komunikasi matematika siswa SMP pada materi penyajian data. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Tarakan tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh sampel pada penlitian ini 60 siswa yaitu 30 siswa kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data keterampilan komunikasi matematika siswa menggunakan tes yaitu pretest dan posttest yang masing-masing terdiri dari 4 soal uraian dengan soal yang berbeda-beda. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan uji independent sample t test (Uji t). Berdasarkan hasil analisis data akhir posttest diperoleh nilai t hitung 4,503 dengan t tabel sebesar 1,671 karena t hitung ≥ t tabel dengan nilai signifikansi 5%. Hasil ini diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes keterampilan komunikasi matematika siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran RODE (Read, Outline Discussion, Evaluation) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil tes keterampilan komunikasi matematika siswa di kelas yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RODE (Read, Outline, Discussion, Evaluation) terhadap keterampilan komunikasi matematika siswa SMP pada materi penyajian data.

Kata Kunci: RODE (Read, Outline, Discussion, Evaluation), Keterampilan Komunikasi, Penyajian Data

This study aims to determine whether there is an effect of the RODE learning model (Read, Outline, Discussion, Evaluation) on the mathematical communication skills of junior high school students on data presentation material. This research uses a quasi-experiment. The population in the study were all seventh-grade students of MTs Negeri Tarakan. The sampling technique was carried out using a simple random sampling technique so that the sample in this study was 60 students, namely 30 students of class VII-B as the experimental class and 30 students of class VII-E as the control class. Data collection of students' mathematical communication skills using pretest and post-test tests, cach consisting of 4 description questions with different questions. Descriptive analysis of research data includes mean and standard deviation and inferential analysis using independent sample t-test. Based on the final post-test data analysis, the t-count value is 4.503 with a t-table of 1.671 with a significance value of 5% (t-count> t-table). This result is reinforced by the average value of the test results of students' mathematical communication skills in classes that use the RODE (Read, Outline Discussion, Evaluation) learning model higher than the average test results of students' mathematical communication skills in classes that use conventional models. Thus, it is concluded that the RODE (Read, Outline, Discussion, Evaluation) learning model affects the mathematical communication skills of junior high school students in terms of data presentation material. Keywords: RODE (Read, Outline, Discussion, Evaluation), Communication Skills, Data Presentation

Detail Informasi