Gambaran Perilaku Self-Management Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Rejo | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Gambaran Perilaku Self-Management Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Rejo

Gambaran Perilaku Self-Management Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Rejo

Pengarang : M. Ramadoni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Perilaku manajemen diri merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh pasien hipertensi. Hal ini dikarenakan penerapan manajemen diri yang efektif dapat membantu mencegah dan mengurangi dampak komplikasi pada pasien hipertensi. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif observasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku self-management pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Karang Rejo. Penelitian ini menggunakan kuesioner Hypertension Self-Management Behavior Questionnaire (HSMBQ) versi bahasa Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel berjumlah 171 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki tingkat perilaku manajemen diri yang cukup (67,8%), diikuti oleh kategori kurang (16,4%), dan baik (15,8%). Perawat memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan self-management pasien hipertensi melalui pendekatan edukasi kesehatan, pemberian informasi terkait pola hidup sehat, pemantauan tekanan darah secara rutin, dukungan dalam kepatuhan pengobatan, serta pemberdayaan pasien untuk mengenali dan mengelola risiko komplikasi hipertensi.

Kata Kunci: Hipertensi, Kuantitatif, Self-Management.

Self-management behaviour is crucial for hypertensive patients, as effective self- management can help prevent and reduce the impact of complications in hypertensive patients. This study employed a descriptive observational design. The purpose of this study was to describe the self-management behaviour of hypertensive patients in the working area of Karang Rejo Public Health Centre. The research utilized the Indonesian version of the Hypertension Self-Management Behaviour Questionnaire (HSMBQ). Purposive sampling was employed, with a sample size of 171 respondents. The results showed that the majority of respondents had a moderate level of self-management behaviour (67.8%), followed by the poor category (16.4%), and the good category (15.8%). Nurses play an important role in improving hypertensive patients' self-management skills through health education, providing information on healthy lifestyle patterns, routine blood pressure monitoring, supporting medication adherence, and empowering patients to recognize and manage hypertension complication risks. Keywords: Hypertension, Quantitative, Self-management

Detail Informasi