
THE EFFECT OF DUOLINGO APPLICATION ON STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY FOR THE SEVENTH GRADES AT SMP NEGERI 7 TARAKAN
Pengarang : Shindy Alfionita Daus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Salah satu elemen atau komponen dalam belajar bahasa Inggris adalah mengembangkan kosakata. Tanpa kosakata, kemahiran bahasa akan terganggu dan komunikasi yang efektif tidak akan mungkin terjadi. Untuk itu dibutuhkan media pengajaran yang menarik seperti Duolingo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penggunaan aplikasi smartphone 'Duolingo' terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 7 untuk kata kerja dan kata benda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 7 Tarakan dengan sampel kelas VII-4 sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t-test yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata dari hasil pre-test adalah 49,84 dan rata-rata dari nilai post-test adalah 78,75. Hasil uji t-test diperoleh nilai 0.000 yang menunjukkan lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mengajarkan kosakata dengan menggunakan Duolingo terbukti efektif dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas 7 di SMP Negeri 7 Tarakan.
Kata kunci: Duolingo, Kosakata, Kata kerja dan Kata benda.
One of the essential elements in learning English is vocabulary development. Without a sufficient vocabulary, language proficiency is hindered, and effective communication becomes impossible. Therefore, engaging teaching media, such as Duolingo, is needed. This study aims to determine the significant impact of using the Duolingo smartphone application on the vocabulary mastery of seventh-grade students, specifically focusing on verbs and nouns. The research method employed was pre-experimental. The population of this study consists of seventh-grade students at SMP Negeri 7 Tarakan, with a sample size of 32 students from class VII-4. The research instrument used was a written test in the form of a pre-test and post-test. The data were analyzed using a t-test, and processed with the help of SPSS version 22.0. The results of the data analysis showed that the average pre-test score was 49.84, while the average post-test score was 78.75. The t-test results yielded a value of 0.000, less than 0.05, indicating that the alternative hypothesis (Ha) is accepted, and the null hypothesis (HO) is rejected. Therefore, it can be concluded that teaching vocabulary using Duolingo is proven to be effective in improving the vocabulary mastery of seventh-grade students at SMP Negeri 7 Tarakan. Keywords: Duolingo, Vocabulary, Nouns and Verbs.