Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1-C Di SD Negeri 021 Skip Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1-C Di SD Negeri 021 Skip Tarakan

Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1-C Di SD Negeri 021 Skip Tarakan

Pengarang : Cindy Valensia Wong - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas rendah adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media Flash Card yaitu alat edukasi berbentuk kartu yang berisi gambar dan kata-kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menerapkan media Flash Card. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian kelas 1-C yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan prosedur siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan media Flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1-C di SD Negeri 021 Skip Tarakan. Pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa memperoleh nilai sebesar 74% siswa yang tuntas dari jumlah keseluruhan. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang memperoleh nilai sebesar 93% siswa yang tuntas dari hasil tes. Adapun hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1-C di SD Negeri 021 Skip Tarakan.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Flash Card

One of the efforts to improve reading skills in low-grade students is to use engaging learning media. The media used in this research was flash card media, an educational tool in the form of cards containing pictures and words. This study aims to improve students’ reading skills by applying flash card media. The research type was Classroom Action Research (CAR) in class 1-C with 27 students. The research consisted of two research cycles with cycle procedures, namely planning, implementation, observation, and reflection. The results indicated that the application of flash card media could improve the beginning reading skills of grade 1-C students at SD Negeri 021 Skip Tarakan. In cycle I, the test results of student's beginning reading skills obtained a score of 74% of students who were complete from the total number. Furthermore, in cycle II, there was an increase in students beginning reading ability, which obtained a score of 93% of students who were complete from the test results. The results of the student’s beginning reading ability test have reached the success indicator. This research is said to be successful in improving the beginning reading ability of grade 1-C students at SD Negeri 021 Skip Tarakan. Keywords: Reading Skill, Flash Card Media

Detail Informasi