
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi KPK Dan FPB Kelas VI-A SDN 021 Tarakan
Pengarang : Jumriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB kelas VI-A SDN 021 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimental design dan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI-A SDN 021 Tarakan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independen) model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan variabel terikat (dependen) hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB Kelas VI-A SDN 021 Tarakan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian ini adalah statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata rata pretest siswa sebesar 53,6 dan nilai posttest siswa sebesar 76,8. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada materi KPK dan FPB. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis pada α = 0,05 didapat nilai sig < 0,001 sehingga < 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung = 10,135 dan t tabel = 2,064 sehingga t hitung > t tabel atau 10,135 > 2,064. Maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar siswa pretest dan posttest dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada materi KPK dan FPB Kelas VI-A SDN 021 Tarakan.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing, hasil belajar
This research aims to determine the effectiveness of the snowball-throwing cooperative learning model on student learning outcomes in the Least Common Multiple (KPK) and Greatest Common Factor (FPB) materials for Sixth Grade A students at SDN 021 Tarakan. This study employs a quantitative research method using a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest design. The sample for this study consists of Sixth Grade A students at SDN 021 Tarakan, selected through purposive sampling techniques. There are two variables in this study: the independent variable, which is the Snowball Throwing cooperative learning model, and the dependent variable, which is the learning outcomes of the students in the KPK and FPB material. The data analysis technique used to analyze the research data is inferential statistics. Based on the research results, the average pretest score of the students was 53.6, and the average posttest score was 76.8. It indicates a difference in student learning outcomes before and after using the Snowball Throwing cooperative learning model on the KPK and FPB material. According to the hypothesis testing criteria at a = 0.05, the significance value obtained is < 0.001, thus < 0.001 t table or 10.135 > 2.064. Therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted, and the null hypothesis (Ho) is rejected. It shows a significant difference between the pretest and posttest student learning results when using the Snowball Throwing cooperative learning model, indicating its effectiveness in improving mathematics learning outcomes on the KPK and FPB material for Sixth Grade A students at SDN 021 Tarakan. Keywords: Snowball Throwing Cooperative Learning Model, Learning Outcomes