
ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III-B DI SDN 013 TANA TIDUNG
Pengarang : Sri Handayani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Membaca merupakan hal yang utama dalam kegiatan proses belajar mengajar, karena semua proses belajar mengajar didasarkan pada kemampuan membaca. Didalam aktivitas membaca, terdapat kegiatan menangkap apa yang tersirat dari bahan yang tersurat dalam sebuah bacaan. Ketika siswa kesulitan membaca, mereka tertinggal oleh siswa lainnya Kesulitan membaca adalah suatu keadaan ketika siswa tidak mampu mengidentifikasi kata sehingga peserta didik mempunyai kemampuan membaca yang lemah berdasarkan rata-rata kemampuan membaca yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas III-B SDN 013 Tana Tidung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datan yang dilakukan melalui tes kemampuan membaca dan wawancara siswa sebanyak 25 siswa kelas III-B yang sebagai calon subjek penelitian untuk mengikuti tes kemampuan membaca. Selanjutnya peneliti memilih 7 subjek dari hasil tes kemampuan membaca siswa yang peneliti lakukan yang termasuk dalam kategori perlu bimbingan. Lalu kemudian peneliti mengkonfiramsi kembali kepada subjek yang terpilih agar bersedia untuk melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya beberapa siswa yang mengalami kesulitan membaca. Berdasarkan hasil tes yang diikuti siswa tersebut dimana kesulitan membaca yang dialami siswa antara lain yaitu siswa belum mengenal huruf, siswa belum lancar dalam membaca, masih terbata-bata dalam mengeja, siswa sulit membedakan huruf yang bentuknya hampir mirip, siswa banyak melakukan kesalahan dengan menganti kata, mengulang kata, dan menghilangkan kata, karena kesulitan-kesulitan itulah sehingga siswa banyak melakukan kesalahan dalam membaca. Kata Kunci : Membaca, Kesulitan Membaca
Reading is fundamental to teaching and learning, as all educational activities are based on reading skills. In reading activities, there is a process of grasping what is implied from the explicit content of a text. When student struggle with reading, they fall behind their prees. Reading difficulties refer to a condition in which students cannot identify words, resulting in weak reading abilities compared to the estabilished average reading proficiency. This study aims to identify the reading difficulties experienced by third-grade student in class III-B at SDN 013 Tana Tidung. The research employs a descriptive qulitative approach. Data collection techniques include reading ability tests and interviews with 25 third-grade student selected as potential subjects fot the reading ability test. Subsequently, the researcher selected 7 subjects from the test result who fell into the category of needing guidance. The researcher then confirmed whit the selected subjects to ensure their willingness to participate in the interviews. The findings indicate that several students still experience reading difficulties. Based on the test results, the reading difficults encountered by the student include student not yet recognizing latters, not being fluent in reading, struggling to pronounce word, difficulty distinguishing letters that book similar, and frequently making errors such as substituting word, repeating word, and omitting word. These challenges contribute to the students’ numerous mistakes in reading. Keywords: Reading, Reading Difficulties