
MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME ONLINE
Pengarang : Riska Sri Wardani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan minat belajar matematika siswa sekolah dasar yang mengalami kecanduan game online. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada minat belajar matematika siswa sekolah dasar yang mengalami kecanduan game online. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang dikonfirmasi melalui wawancara. Sebanyak 18 orang siswa menjadi partisipan dalam penelitian dan mengisi angket kecanduan game online kemudian dikelompokan berdasarkan kategori. Ada 3 kategori kecanduan game online yaitu kecanduan rendah, sedang dan tinggi. Peneliti menentukan 4 orang siswa yang dijadikan subjek penelitian yaitu 2 subjek kategori kecanduan game online tinggi dan 2 subjek kategori kecanduan game online rendah. Karena siswa pada 2 kategori tersebut berada pada kategori minat belajar matematikanya baik. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi dampak game online pada minat belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar yaitu minat belajar matematika siswa sudah berada pada kategori baik. Namun, keterlibatan siswa pada pembelajaran matematika diluar jam sekolah masih terbilang kurang. Pada penelitian ini peneliti menemukan temuan baru berdasarkan hasil angket minat belajar matematika peneliti menemukan data bahwa siswa yang mengalami kecanduan game online tinggi memiliki minat belajar matematika yang lebih tinggi daripada siswa yang mengalami kecanduan game online rendah. Dalam hal ini tentu menjadi temuan baru yang dapat diteliti dan didalami lebih lanjut mengapa siswa yang mengalami kecanduan tinggi pada game online memiliki minat beajar matematika yang tinggi pula.Kata Kunci : Game Online, Minat Belajar Matematika
This study aimed to explore the mathematical learning interest of primary school students who exhibited sympthoms of online gaming addiction. a qualitative research design was employed to analyze the impact of online gaming addiction on the interest levels of fifth-grade students in mathematics. Data were collected using questionnaries, which were subsequently triangulated through interviews to ensure validity and reliability. A total of 18 students participants in the study by completing an online gaming addiction scale, which categorized them into three levels of addiction: low, moderate, and high. Four participants were selected as the primary subjects-two from the high-addiction group and two from low-addiction group based on their classification as having a relatively good interest in mathematics learning was generally satisfactory. However, their engagement in mathematical activities outside formal school hours remained suboptimal. Interestingly, the study uncovered a novel finding: students categorized as having high levels of online gaming addiction demonstrated more significant interest in mathematics learning compared to their counterparts in the low-addiction category. This unexpected result presents a compelling area for further investigation, particularly identifying the factors underlying this phenomenon.Keywords: Online Gaming Addiction, Mathematical Learning Interest, Primary Education