Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Danum Benuanta Pulau Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Danum Benuanta Pulau Bunyu

Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Danum Benuanta Pulau Bunyu

Pengarang : Annisa Assahidah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Danum Benuanta Pulau Bunyu. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PDAM Danum Benunta Pulau Bunyu sebanyak 100 pelanggan rumah tangga. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang dibuat dengan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t (Parsial) nilai pada kualitas produk adalah sebesar 1.887, nilai Sig pada α = 0,05 (two tailed) dengan ttabel yang artinya bahwa thitung > ttabel (1.887 > 1.661), dan nilai Sig. t lebih besar dari 0,05 (0,062 > 0,05). Maka dapat diartikan bahwa variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Berdasarkan dari hasil uji t (Parsial) pada varaibel kualitas pelayanan adalah sebesar 5.015 nilai Sig. pada α = 0,05 (two tailed) dengan ttabel yang berarti bahwa thitung > ttabel (5.015 > 1.661), dan nilai Sig. t lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan(Y).
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

This study aimed to determine the effect of product quality, and service quality on customer satisfaction at PDAM Danum Benuanta Pulau Bunyu. The study used quantitative research, with the population in this study 100 customers of PDAM Danum Benuanta Pulau Bunyu. This research sampling method used nonprobability sampling. The data collection technique uses a questionnaire method with a Likert scale and is analyzed using multiple linear regression. The results showed that the t-test (Partial) value t-count product quality is 1,887, Sig. value at a = 0.05 (two-tailed) with ttable Which means that tcount > ttable (1,887 >1,661), and the Sig. t value is greater than 0.05 (0.062 > 0.05). So, it can be interpreted that the product quality variable (X1) has a positive but insignificant effect on customer satisfaction (Y). Based on the results of the t-test (Partial) on the service quality variable is 5,015 the Sig. value at a = 0.05 (two-tailed) with (ablewhich means that lcount >Itable (5.015 > 1.661), and the Sig. t value is smaller than 0.05 (0.000 < 0.05). So, it can be concluded that the service quality variable (X2) has a positive and significant effect on customer satisfaction (Y) Keywords: Academic service Quality, Lecturer Competency, and Student Satisfaction

Detail Informasi