ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PDAM KOTA TARAKAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PDAM KOTA TARAKAN

ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PDAM KOTA TARAKAN

Pengarang : Eko Sumariadi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tarakan menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode Balanced Scorecard mengukur kinerja perusahaan dari sisi keuangan dan sisi non-keuangan perusahaan. Metode Balanced Scorecard memiliki 4 (empat) perspektif dalm mengukur kinerja perusahaan yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dan data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PDAM Kota Tarakan diukur menggunakan Balanced Scorecard pada perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang buruk karena ROI dan ROE jauh dibawah standar, perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang memuaskan karena tingkat kepuasan pelanggan dan kemampuan menarik pelanggan baru baik, perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja yang baik karena inovasi; kualitas, kuantitas, dan kontinuitas air; serta lama penanganan pengaduan mendapatkan hasil yang baik, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan kinerja yang memuaskan karena hasil dari tingkat kepuasan pegawai baik.


Kata Kunci : Kinerja Perusahaan, Balanced Scorecard, PDAM

This study aimed to see the performance of the Regional Drinking Water Company (PDAM) in Tarakan City using the Balanced Scorecard method. The Balanced Scorecard method measures company performance from the financial and non-financial sides of the company. The Balanced Scorecard method has 4 (four) perspectives in measuring company performance, they are the financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective. The method is descriptive quantitative using secondary and primary data. The study results showed that the performance of PDAM Tarakan City is measured using Balanced Scorecard: the financial perspective shows poor performance because ROI and ROE are well below standard, customer perspective shows satisfactory results because the level of customer satisfaction and the ability to attract new customers is good, the internal business process perspective shows good performance because of innovation; water quality, quantity and continuity; as well as the length of time handling complaints get good results, and the growth and learning perspective shows satisfactory performance because the results of the level of employee satisfaction are good. Keywords: Company performance, Balanced Scorecard, PDAM

Detail Informasi