EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN KEGIATAN PRAKTIKUM BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DI SMA NEGERI 3 BALAESANG KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA SULAWESI TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN KEGIATAN PRAKTIKUM BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DI SMA NEGERI 3 BALAESANG KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA SULAWESI TENGAH

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN KEGIATAN PRAKTIKUM BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DI SMA NEGERI 3 BALAESANG KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA SULAWESI TENGAH

Pengarang : Hariyati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pendekatan pembelajaran merupakan unsur penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan JAS merupakan salah satu pendekatan yang dapat membantu dalam proses pembelajaran dengan menekankan pada kegiatan pembelajaran yang dihubungkan dengan situasi kehidupan nyata dan lingkungan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas pembelajaran dengan kegiatan praktikum berbasis jelajah alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada kelas X SMAN 3 Balaesang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan angket (kuesioner) motivasi belajar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang yang diambil dari 2 kelas yaitu XC sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa dan XD sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji independent sampel t-test untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dan uji z untuk melihat kentuntasan klasikal pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan JAS dan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvesional, hasil belajar siswa yang menggunakan JAS lebih tinggi daripada yang menggunakan konvesional. Hasil uji z menunjukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan JAS lebih dari 70% siswa mencapai angka ketuntasan, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvesional terdapat kurang dari 70% siswa yang mencapai nilai KKM. Motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar, Jelajah Alam Sekitar (JAS)

Achieving learning objectives requires a strong understanding of the learning approach. One method that can aid in the learning process is the JAS approach, which places a strong emphasis on learning activities that are relevant to everyday life and the environment as a source of knowledge. The aim of this study was to assess how well students in class X of SMAN 3 Balaesang learned through practical activities centred on investigating the surrounding environment. This study employed a quasi-experimental research design using quantitative research methods. Learning outcome assessments and learning motivation questionnaires were used to gather data. 56 participants were selected from two classes XC, which included 29 students as a control group and XD, which included 27 students as an experimental group for this study's sample. The z test was used to determine the classical completeness of the control and experimental classes, and the independent sample t-test was utilized to determine the difference in learning outcomes between the two groups. The study's findings demonstrated that the experimental class utilizing JAS and the control class using the conventional approach had different learning outcomes, with the JAS-using students achieving better learning outcomes than the traditional approach. According to the z-test results, less than 70% of students in the control class using the traditional method obtained the KKM score, whereas more than 70% of students in the experimental class utilizing JAS received a passing mark. Students in the experimental class were more motivated to learn than those in the control group. Keywords: Effectiveness, Learning Outcomes, Natural Exploration (JAS)

Detail Informasi