
IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY BY USING DOMINO CARDS AMONG SEVENTH-GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 10 TARAKAN
Pengarang : Sartika - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa menggunakan kartu domino. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Tarakan sebagai subjek penelitian. Subjek dari penelitian ini berjumlah 30 siswa dari kelas VII-4 di SMP Negeri 10 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian Tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kelas kolaboratif yaitu bekerjasama dengan guru Bahasa Inggris sebagai kolaborator di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap (Planning) perencanaan, (Acting) Tindakan, (observing) observasi dan (Reflecting) refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (observation checklist) daftar periksa observasi dan (vocabulary test) tes kosakata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan dalam penguasaan kosakata siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kosakata siswa. Hasil dari tes kosakata siswa pada siklus pertama tidak mencapai kriteria kesuksesan karena hasil menunjukkan bahwa hanya 70% dari siswa yang mencapai KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) sedangkan hasil dari tes kosakata siswa pada siklus kedua menunjukkan 87% dari siswa mencapai KKTP, dengan demikian kriteria kesuksesan telah tercapai. Hasil dari daftar periksa observasi untuk aktifitas guru dan siswa telah mencapai kriteria kesuksesan dalam setiap pertemuan. Setelah pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa penerapan kartu domino berhasil dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada kelas VII di SMP Negeri 10 Tarakan.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Kosakata, Kartu Domino
This study aims to improve students' vocabulary mastery by using domino cards. The research was conducted at SMP Negeri 10 Tarakan, with the subjects being 30 students from class VII-4. The research employed a Classroom Action Research (CAR) method. The design of this action research is collaborative, involving the English teacher as a collaborator in the classroom. This research used the Kemmis and McTaggart model, which was implemented in two cycles, with each cycle consisting of the following stages: planning, acting, observing, and reflecting. The research instruments used were an observation checklist and a vocabulary test. The results of this study indicate that there was progress in students' vocabulary mastery, which can be seen from the vocabulary test scores. In the first cycle, the students' test results did not meet the success criteria, as only 70% of the students achieved the Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) or the learning outcome criteria. However, in the second cycle, 87% of the students achieved the KKTP, thus meeting the success criteria. The results from the observation checklist also show that both the teacher's and students' activities met the success criteria in every meeting. It can be concluded that the implementation of domino cards successfully improved vocabulary mastery among seventh-grade students at SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Classroom Action Research, Vocabulary, Domino Cards