
Meningatkan Kemampuan Membaca Efektif Teks Fiksi Dengan Metode Speed Reading Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 14 Tarakan
Pengarang : Afdria Ananda Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK), yaitu penelitian tindakan yang dilakukan di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa yang berfokus pada proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 Tarakan pada semester genap tahun pembelajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca efektif teks fiksi, yaitu cerpen dengan metode speed reading pada siswa kelas VII 2. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII 2 yang berjumlah 30 siswa, terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi,wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar tes penilaian aspek kognitif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode speed reading mampu meningkatkan kemampuan membaca efektif teks fiksi, yaitu cerpen pada siswa kelas VII 2 SMP Negeri 14 Tarakan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, hasil penilaian aktivitas siswa diperoleh ketuntasan 67%, sedangkan pada hasil penilaian aspek kognitif diperoleh ketuntasan 27%. Kemudian, pada siklus II hasil penilaian aktivitas siswa meningkat menjadi 88% dan hasil penilaian aspek kognitif meningkat menjadi 87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode speed reading ini mampu meningkatkan kemampuan membaca efektif teks fiksi, yaitu cerpen pada siswa kelas VII 2 SMP Negeri 14 Tarakan.
Kata Kunci : Membaca Efektif, Metode Speed Reading, Teks Cerita Pendek
This study was a Classroom Action Research (CAR), conducted in the classroom during the teaching and learning process to improve and enhance the quality of student learning, focusing on the learning processes occurring in the classroom. The research was carried out at SMP Negeri 14 Tarakan during the even semester of the 2024/2025 academic year. The objective of this research was to improve the effective reading skills of fictional texts, specifically short stories, using the speed reading method for Grade VII-2 students. The subjects of this study were 30 students from Grade VII-2, consisting of 17 male and 13 female students. This research was conducted in two cycles, with each cycle comprising four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The data collection techniques used in this study included observation, interviews, tests, and documentation. The instruments utilized were student activity observation sheets and cognitive assessment test sheets. The results indicated that the application of the speed reading method could enhance the effective reading skills of fictional texts, specifically short stories, among Grade VII-2 students at SMP Negeri 14 Tarakan. This improvement was evident from the students' learning outcomes in each cycle. In the first cycle, the student activity assessment achieved a completeness rate of 67%, while the cognitive assessment reached 27% completeness. In the second cycle, the student activity assessment improved to 88%, and the cognitive assessment increased to 87% completeness. Thus, it can be concluded that the application of the speed reading method successfully improved the effective reading skills of fictional texts, specifically short stories, among Grade VII-2 students at SMP Negeri 14 Tarakan. Keywords: Effective Reading, Speed Reading Method, Short Story Texts