Pengalaman Remaja Siswa SMPN 7 Tarakan Dalam Menghadapi Stres | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
No image available for this title

Pengalaman Remaja Siswa SMPN 7 Tarakan Dalam Menghadapi Stres

Pengarang : Reghina Julia Rahayu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Remaja sering mengalami konflik internal dan masalah di berbagai aspek ke-hidupan, seperti keluarga, sekolah, dan pertemanan. Masalah yang terjadi apabila tidak diatasi, dapat berdampak negatif yang bisa menyebabkan stres hingga dapat memicu masalah psikologis serta sosial. Stres merupakan perasaan yang umum dapat di rasakan ketika berada dibawah tekanan, merasa kewalahan ataupun mera-sa kesulitan dalam menghadapi suatu situasi, jika itu berat dan berlangsung da-lam waktu yang lama dapat merusakan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi pengalaman remaja siswa SMPN 7 Tarakan dalam menghadapi stres. Desain pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pen-dekatan deskriptif dengan cara melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini menghasilkan empat tema yaitu (1) pemicu stres pada remaja, (2) respon stres keti-ka mengalami permasalahan, (3) koping dalam menghadapi tantangan dan tekanan pada remaja, serta (4) harapan yang remaja inginkan di saat merasa stres. Ber-dasarkan dari penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu adanya kegiatan seperti edukasi manajemen stres dan perlu adanya dukungan dari sekolah seperti program pengelolaan stres pada siswa serta melibatkan orang tua dalam kegiatannya.

Kata Kunci : Dukungan, Koping, Remaja, Stres

Adolescents often face internal conflicts and challenges across various aspects of life, including family, school, and peer relationships. Unresolved issues may lead to negative impacts, potentially resulting in stress and triggering psychological and social problems. Stress is a familiar feeling experienced when under pressure, overwhelmed, or facing difficulties. Prolonged or intense stress can have detrimental effects on health. This study aims to explore the experiences of junior high school students at SMPN 7 Tarakan in managing stress. A qualitative research design with a descriptive approach was employed, using interviews as the primary data collection method. The findings revealed four main themes; stress triggers among adolescents, stress responses when encountering challenges, coping mechanisms used by adolescents to handle pressures, and adolescents' expectations for support during stressful situations. The study concludes that stress management education and supportive school programs involving parents are essential to effectively addressing adolescent stress Keywords: Adolescents, Coping, Stress, Support

Detail Informasi