Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Kotak Motivasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-C SMAS Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Kotak Motivasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-C SMAS Frater Don Bosco Tarakan

Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Kotak Motivasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI-C SMAS Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Yemima Surang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2025
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Motivasi belajar dapat memengaruhi seseorang akan terlibat dan berusaha dalam kegiatan pembelajaran, serta memahami dan merancang strategi untuk meningkatkan motivasi belajar. Di mana motivasi belajar adalah dorongan seseorang untuk terlibat, berpartisipasi, dan berusaha dalam kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar adalah bukan suatu masalah, jika motivasi tidak ditanamkan dalam diri maka akan kesulitan dan tidak bersemangat dalam meraih impian, ditemukan di SMAS Frater Don Bosco Tarakan diantaranya sering ijin ke toilet, tidak mengerjakan tugas, dan beralasan ingin melakukan konseling untuk menghindari pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan media kotak motivasi terhadap motivasi belajar siswa di kelas XI-C SMAS Frater Don Bosco Tarakan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-exsperiment one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 orang siswa dan sampel penelitian berjumlah 12 orang siswa dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tentang motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji wilcoxon signed rank test. Berdasarkan hasil penelitian ini, perhitungan uji wilcoxon signed rank test dengan niai sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, maka Ha ditolak dan H. diterima. Hasil penelitian ini juga ditunjukkan dari nilai pretest 900 sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media kotak motivasi posttest 1094 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan media kotak motivasi, hal tersebut menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa, sehingaa dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan media kotak motivasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI-C SMAS Frater Don Bosco Tarakan.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Media Kotak, Motivasi Belajar

Learning motivation can influence an individual's involvement and effort in learning activities, as well as understanding and designing strategies to improve learning motivation. Learning motivation is a drive that encourages individuals to engage, participate, and strive in learning activities. Learning motivation would not be a problem if it were instilled in oneself, but difficulties and lack of enthusiasm in achieving one's dreams would arise, as found in SMAS Frater Don Bosco Tarakan, such as frequent bathroom breaks, incomplete assignments, and excuses to seck counseling to avoid learning. This study aimed to determine the effect of group guidance with motivation box media on students' learning motivation in Grades XI-C of SMAS Frater Don Bosco Tarakan. This research is quantitative with a pre- experimental one-group pretest-posttest design. The population of this study consisted of 60 students, and the sample consisted of 12 students determined using purposive sampling. Data collection techniques in this study used a questionnaire about students' learning motivation. Data analysis techniques used descriptive and inferential statistics using the Wilcoxon signed rank test. Based on the results of the Wilcoxon signed rank test calculation with a sig (2-tailed) value of 0.002 < 0.05, Ho was rejected, and Ha was accepted. The results of this study were also shown by the pretest value of 900 before being given group guidance services with motivation box media and the posttest value of 1094 after being given group guidance services with motivation box media, indicating an increase in students' learning motivation. Therefore, it can be concluded that group guidance with motivation box media affects students' learning motivation in Grades XI-C of SMAS Frater Don Bosco Tarakan. Keywords: Group Guidance, Motivation Box, Learning Motivation

Detail Informasi