
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 SEBATIK
Pengarang : Nurjannah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Sebatik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimental), penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sebatik menggunakan purposive sampling adalah metode pengambilan sampel data yang didasarkan pada pertimbangan tertentu. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independen t-test untuk memperoleh data nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada nilai signifikansi sebesar 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri 1 Sebatik. dari hasil penelitian keterkaitan discovery learning dengan media audio visual adalah model pembelajaran discovery learning yang dibantu media audio visual dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar biologi, media audio visual, model discovery learning
This study aimed to analyze whether there is effect Thudel using audiovisual media on students' biology fect of the discovery learning Sebatik. This study was a type of quantitative research with a quasi-experimental approach. The studiethod onducted at SMAN 1 Sebatik af data sampling method that is based on certain considing purposive sampling hypothesis testing use the independent t-test to obtain sig value data. (2-tailed) of 2.000 is smaller than the significance value of 0.05, in value Hl accepted. This means that there is a significant effect of the implementation of the discovery learning model using audiovisual media on students' biology learning outcomes of SMAN 1 Sebatik. The study results of relatedness between discovery learning and audiovisual media, the discovery learning shode endisted by sudiovisual media can improve students' knowledge competence and learning outcomes. Keywords: Biology learning outcomes, audiovisual media, discovery learning model