Identifikasi Kesulitan Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Sebatik | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Kesulitan Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Sebatik

Identifikasi Kesulitan Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Sebatik

Pengarang : Nurul Aniza - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kesulitan belajar adalah keadaan dimana seorang siswa mengalami kesulitan, kendala, atau gangguan yang menghambat untuk mencapai tujuan akademik. Hambatan yang dihadapi tersebut dapat menyebabkan seseorang gagal mencapai tujuan pembelajaran. Kesulitan belajar yang dihadapi setiap orang berbeda-beda. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sebatik menggunakan purposive sampling adalah metode pengambilan sampel data yang didasarkan pada pertimbangan tertentu. Peneliti menggunakan angket kesulitan belajar biologi, jumlah angket yang diberikan berjumlah 20 item pertanyaan yang berarti siswa diminta untuk memilih salah satu jawaban yang sesuai dengan keputusan peneliti. Siswa SMA Negeri 1 sebatik mengalami kesulitan belajar yang tergolong cukup disebabkan oleh faktor eksternal yaitu faktor keluarga sebesar 71% adapun faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu faktor orang tua yaitu cara mendidik anak, perhatian dan arahan orang tua, hubungan orang tua dengan anak dan bimbingan dari orang tua dan faktor sekolah sebesar 70% adapun faktor yang mempengaruhi pada faktor sekolah yaitu guru dapat menjadi kesulitan belajar jika gurunya tidak berkualitas, hubungan kurang baik dengan siswa. Faktor eksternal lainnya yaitu faktor masyarakat dan faktor internal seperti fisiologi dan psikologis tidak menyebabkan kesulitan belajar (persentase 73%). Temuan dari penelitian ini berimplikasi guru dapat mengoptimalkan belajar mengajar yang bermakna dan bervariasi agar dapat meminimalisir kesulitan belajar siswa. Guru sebaiknya memberikan pelajaran yang bervariatif, menjadi fasilitator yang bijaksana untuk keaktifan siswa meningkatkan pengetahuan yang luas dan dapat memberikan media yang tepat sehingga proses belajar siswa menjadi bermakna.

Kata Kunci : Biologi, Identifikasi, Sebatik

Learning difficulty is a condition where a student experiences difficulties, obstacles, or disorders that hinder achieving academic goals. The obstacles faced can cause a person to fail to achieve learning goals. The learning difficulties faced by each person are different. The objective of this study was to determine the factors of students' biology learning difficulties. This research applied the descriptive method with a quantitative approach. The research was conducted at SMA Negeri 1 Sebatik using purposive sampling, which is a data sampling method based on certain considerations. The researcher used a questionnaire of biology learning difficulties; the number of questionnaires was 20 question items, which means students were asked to choose one of the answers in accordance with their decision. SMA Negeri 1 Sebatik students experienced learning difficulties that were classified as moderate due to external factors, namely family factors at 71% that influence learning difficulties, including parental factors like how to educate children, parental attention and direction, parents' relationships with children, and guidance from parents. Then the school factor was 70%, including the teacher factor, which can cause learning difficulties if the teacher is not qualified and has poor relationships with students. Other external factors, namely community factors and internal factors such as physiology and psychology, did not cause learning difficulties (73%). The findings of this study imply that teachers can optimize meaningful and varied teaching and learning in order to minimize student learning difficulties. Teachers should provide varied lessons, be a wise facilitator for student activeness to increase broad knowledge, and can provide the appropriate media to create meaningful learning for students. Keywords: Biology, Identification, Sebatik

Detail Informasi